by

Invitasi Atletik Diharap Lahirkan Bibit Juara

KABUPATEN CIREBON, SC- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Cirebon menggelar Invitasi Atletik Pelajar dan Umum Tingkat Kabupaten di Stadion Ranggajati, Sumber, Senin (29/11/2021) .

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peningkatan prestasi para atlet pelajar itu, dibuka langsung Kepala Dispora Kabupaten Cirebon, Avip Suherdian dan dihadiri pengurus KONI, jajaran muspida plus dan Dinas Pendidikan.

Kepala Dispora, Avip Suherdian mengatakan, selain bertujuan untuk meningkatkan prestasi para atlet yang ada di Kabupaten Cirebon, ajang itu sekaligus mempersiapkan atlet dalam menghadapi kejuaraan atletik tingkat provinsi maupun nasional.

“Invitasi Atletik Pelajar Tahun 2021 dilaksanakan dari tanggal 29 November hingga 2 Desember 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 2267 atlet yang akan bertanding di delapan cabang atletik di antaranya lari jarak pendek, lari jarak menengah, lari estafet, lempar cakram, lempar lembing, tolak peluru, lompat jauh dan lompat tinggi,” kata Avip, didampingi Kabid Olahraga, Sumarno.

Ajang tersebut diikuti atlet dari tingkat SD/MI, SMP/MTs hingga SMA/SMK/MA sederajat serta peserta umum.

“Ini merupakan ajang pembinaan, peningkatan prestasi para atlet di Kabupaten Cirebon sebagai bahan investasi. Sehingga, pada waktunya nanti Kabupaten Cirebon sudah memiliki para atlet yang handal dalam mengikuti kejuaraan-kejuaraan atletik baik di tingkat provinsi maupun nasional,” kata Avip.

Apresiasi yang diberikan bagi para pemenang yakni tropi piala dan uang pembinaan. Tidak hanya itu, para juara juga nantinya akan diikutkan dalam lomba-lomba tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Di kesempatan yang sama, Ketua Panitia Invitasi Atletik Pelajar Tingkat Kabupatan Cirebon, H. Dade Firdaus mengatakan, invitasi atletik sempat vakum selama dua tahun dikarenakan pandemi Covid 19.

“Alhamdulillah di tahun 2021 bisa dilaksanakan meski harus menaati protokol kesehatan yang ketat.00 Jumlah peserta dibatasi dengan nomor dan tingkat usia jadi tidak membudak jumlah pesertanya,” ujarnya.

BACA JUGA: Cabor Esport Sambut Baik Percepatan Ekosistem Game

Ia berharap, melalui ajang invitasi atletik itu akan terus bermuncul regenerasi atlet baru dan muda yang lebih produktif serta berprestasi.

“Dalam ajang ini juga kami akan seleksi untuk pererta juara untuk kita bina dan diikutkan dalam ajang lomba tingkat provinsi maupun tingkat nasional,” tuturnya.

Menurutnya, dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua kemarin, atlet atletik kebanggan Kabupaten Cirebon, Erna Nuryanti dan Agus mampu mempersembahkan medali emas dan medali lainnya bagi Provinsi Jawa Barat. (Sarrah/job)

Comment