by

Pemdes Megu Gede Pasang PJU Tenaga Surya

KABUPATEN CIREBON, SC- Demi memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam berkendaraan di malam hari, Pemerintah Desa (Pemdes) Megu Gede, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon merealisasikan Dana Desa (DD) dengan memasang Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di beberapa titik.

“Pemasangan lampu penerangan umum ini menjadi prioritas karena di area tersebut belum terdapatkan penerangan di malam hari. Banyak warga yang mengeluhkan akibat tidak adanya penerangan jalan, yang tadinya gelap kini menjadi terang benderang setelah dipasangi lampu jalan menggunakan energi sel tenaga surya,” kata Kuwu Megu Gede, Iman Fitriyadi, Sabtu (11/12).

Kuwu Iman menjelaskan, program pemasangan PJUTS ini, karena sangat membantu roda perekonomian dan mendukung aktivitas warga di malam hari khususnya. Ssekarang dapat beraktivitas di malam hari sebelumnya di area yang dilewati ini sangat gelap sehingga masyarakat banyak yang takut kalau lewat jalan tersebut.

Selain itu, kata dia, fasilitas PJUTS sangat penting diaplikasikan di perdesaan guna mendorong mobilitas masyarakat dan dinilai dapat mendongkrak perekonomian masyarakat di desa. Pemasangan PJUTS ini melalui anggaran DD tahap tiga.

“Kami sengaja memilih memasang PJU bertenaga surya ini karena lebih mudah dan murah pemasangannya, serta tidak terganggu manakala PLN melakukan pemadaman untuk  saat ini telah terpasang sebanyak 5 titik yang tersebar di beberapa ruas jalan,” terang Kuwu Iman.

BACA JUGA: Pemdes Megu Gede Realisasikan Banprov 2021

Menurut Kuwu Megu Gede, selain menerangi jalan, bisa mengurangi kecelakaan juga dapat mengurangi potensi terjadinya kejahatan sehingga masyarakat dapat lebih terjamin keamanannya dan kenyamanannya. Pemasangan PJU yang didanai sepenuhnya oleh dana desa diharapkan dapat memberikan manfaat yang maksimal kepada masyarakat.

“Saya berharap dengan adanya penerangan jalan umum ini dapat membantu aktivitas warga malam hari serta menaikkan ekonomi warga. Mari kita menjaga bersama-sama penerangan jalan umum ini,” kata Kuwu Iman. (Vicky)

Comment