by

Jalan Provinsi Majalengka-Kuningan Terancam Putus

MAJALENGKA, SC- Ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Majalengka-Kabupaten Kuningan melalui jalur Cigasong-Cikijing terancam putus. Pasalnya sejumlah titik di ruas jalan Cigasong-Cikijing kondisinya mengkhawatirkan, akibat longsor beberapa waktu lalu.

Dari pantauan, sedikitnya ada empat titik longsor yang dikuatirkan dapat menyebabkan putusnya jalur provinsi Cigasong-Cikijing.

”Dulu di sini tanahnya juga pernah amblas,dan seminggu lalu amblas lagi,tapi kondisinya tidak separah seperti sebelumnya,” kata Mamat, warga yang mengatur lalu lintas dari arah Cigasong, Rabu (15/12/2021).

Tiga titik longsor lainnya yang mengancam ruas jalan utama Cigasong-Cikijing berada di wilayah Kecamatan Banjaran.Kondisi longsor terparah terlihat di daerah Desa Cimeong. Hampir separuh  badan jalan di lokasi tersebut ikut terseret longsor pada 8 Desember lalu. Akibatnya kendaraan yang datang dari arah Cikijing dan Cigasong harus bergantian untuk melintasi jalan tersebut.

Cecep warga setempat, mengatakan, kendaraan yang akan melintas harus bergantian.Jika dipaksakan, dipastikan akan membuat mobil yang nekat melintas akan terperosok masuk lubang yang cukup dalam di pinggir jalan.

“Tidak mungkin bisa dilalui oleh kendaraan secara bersamaan, karena kondisinya sudah parah. Bahkan, di bagian tengah jalan sudah terlihat ada retakan,” katanya.

BACA JUGA: Ngeri, Jalan Menuju Wisata Buper Pasir Parat Rusak dan Berlumpur

Bila tidak segera dilakukan penanganan kata Cecep, dikhawatirkan kondisinya semakin parah. Terlebih hujan deras hampir setiap hari mengguyur wilayah Banjaran.

Salah seorang pengendara, Andre berharap pemerintah melakukan perbaikan pada ruas  jalan yang mengalami longsor, sehingga lalu lintas Cigasong-Cikijing kembali lancar. ”Kalau terus dibiarkan kondisinya akan makin parah, dan jalan bisa benar-benar putus nantinya,” ujarnya. (Dins)

Comment