by

SMPN 2 Suranenggala Gunakan Barcode Absensi

KABUPATEN CIREBON, SC- Dalam meningkatkan kualitas sekolah SMPN 2 Suranenggala, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon terus lakukan berbagai inovasi.

Kepala sekolah SMPN 2 Suranenggala Abdul Fatah, M.Pd melalui guru pembimbing OSIS Warkina, S.Pd mengatakan, pihaknya terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi, salah satunya digitalisasi, semua siswa dan guru absensinya menggunakan sistem barcode tidak secara manual lagi.

Warkina menjelaskan, setiap guru maupun siswa mempunyai barcode yang langsung masuk ke absensi dan bisa diketahui oleh orang tua siswa sehingga orang tua bisa memantau anak-anaknya dalam bersekolah. Tujuan absensi digitalisasi ini untuk meningkatkan kinerja, disiplin waktu sehingga dalam proses KBM tingkat keterlambatan itu menurun.

“Siswa juga ada monitoring bukan hanya dari sekolah orang tua juga bisa memonitoring anaknya dengan membuka website sekolah dari situ terlihat apakah anaknya berangkat sekolah apa tidak sehingga sinergitas antara pihak sekolah dan orang tua berjalan dengan baik dalam meningkatkan kedisiplinan waktu,” terangnya.

BACA JUGA: HGN, SMPN 2 Suranenggala Gelar Cipta Karya Puisi

Warkina mengaku akan terus berinovasi dari semua lini terutama dalam lingkup program kerja sekolah baik dari sisi kesiswaannya, kedisiplinan, kemudian ketertiban dalam administrasi juga untuk menghilangkan hal-hal yang sifatnya sibjektif menjadi objektif.

“Untuk saat ini kita masih sosialisasikan dahulu supaya para siswa dan guru tidak kaget nanti akan kita resmikan pada bulan Januari, absensi menggunakan sistem barcode ini adalah pertama di Kabupaten Cirebon ini adalah terobosan yang luar biasa menurut saya,” katanya.

Warkina berharap ke depan SMPN 2 Suranenggala menjadi sekolah yang maju dan terus berinovasi serta bisa meningkatkan prestasi dari siswa untuk jenjang berikutnya. (Vicky)

Comment