by

Seniman Desa Slangit Gelar Pentas Seni

KABUPATEN CIREBON, SC- Dalam menyambut pergatian tahun baru para pemuda Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon menggelar pentas seni budaya yang diselenggarakan di Pendopo Karang Dalam.

Salah satu pegiat seni Desa Slangit, Wasnadi mengatakan, kegiatan tersebut adalah menyambut pergantian tahun dan rasa syukur, karena di tahun 2022 untuk para pelaku seni sudah dibolehkan untuk pementasan seni.

“Jadi kita mencoba mengawali di desa sendiri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah,” kata Wasnadi, Sabtu (01/01).

Wasnadi menjelaskan, untuk kesenian tradisional yang ditampilkan,  ada tari kelana dari Jogja, tari topeng klana gaya Losari, tari topeng pancawarna dari Slangit, jaran lumping dan berokan.

“Kegiatan pentas seni ini mutlak dari saya dan teman-teman seniman Slangit yang mana saya melihat sangat memperihatinkan. Seniman yang sekarang itu perlu adanya pembinaan baik dari pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten untuk mendukung dengan adanya yang positif kegiatan seperti ini,” ungkapnya.

Wasnadi berharap ada pemerintah desa yang mempedulikan dengan membuat acara rutin. Menurut dia, kegiatan serta pembiayaan pentas tersebut menggunakan dana pribadi.

“Karena saya juga memiliki anak-anak yang berprestasi di WAS Gallery, ini bukan hanya seniman pengrawit di kami ada yang bisa bikin wayang dan lainnya,” tutur Wasnadi.

BACA JUGA: Kisah Pilu Wawan Lestarikan Kesenian Wayang Wong

Wasnadi juga menyampaikan, kegiatan pentas seni ini insya Allah akan diadakan secara rutin untuk menjaga dan melestarikan budaya Cirebon di Desa Slangit khususnya.

“Maka dari itu saya berharap agar lebih dipedulikan oleh Pemerintah Desa supaya budaya ini tetap lestari dan tetap ada hingga kapan pun,” harap Wasnadi. (Vicky)

Comment