by

Polres Cirebon Kota Genjot Vaksinasi Anak 6-11 tahun

KOTA CIREBON, SC- Kepolisian Resort (Polres) Cirebon Kota melaunching vaksinasi anak merdeka Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun dosis pertama di Grage City Mall, Rabu (5/1/2022).

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar, melalui Wakapolres Cirebon Kota, Kompol Ahmat Troy Aprio, mengatakan, tujuan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dalam rangka percepatan terbentuknya herd immunity di masyarakat, termasuk para anak usai sekolah.

Menurutnya, Polres Cirebon Kota menyiapkan 1.000 dosis dalam pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun tersebut.

“Alhamdulilah saat ini sampai setengah hari saja sudah tercatat dosis satu sebanyak 430 orang anak yang sudah divaksin,” kata Troy, di sela kegiatan vaksinasi.

Data tersebut, kata Troy akan terus bertambah, karena penyelenggaraan vaksinasi sampai menjelang sore setiap harinya.

“Vaksinasi anak 6-11 tahun ini untuk membantu pemerintah dalam upaya mengejar target vaksinasi anak, agar daya tahan tubuh anak segera terbentuk. Kita akan maksimalkan pencapaian vaksinasi anak saat ini,” katanya.

Kasi Humas Polres Cirebon Kota Iptu Ngatidja mengatakan, vaksinasi anak usia 6-11 tahun itu dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, di antaranya wajib menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan mengukur suhu.

“Vaksinasi merdeka anak ini, diikuti oleh siswa dari sekolah yang ada di wilayah hukum Polres Cirebon Kota,” kata, Ngatidja.

Sebelumnya, Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo meluncurkan Vaksinasi Merdeka Anak Usia 6-11 tahun serentak di 30 Provinsi di Indonesia. Peluncuran ini dilaksanakan di SDN Mangga Dua Selatan 01 Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (5/1/2022).

Kapolri menargetkan sebanyak 2,6 juta anak usia 6-11 tahun telah divaksinasi sampai akhir Januari 2022 guna mendukung tercapainya target nasional vaksinasi anak sebanyak 26 juta di seluruh Indonesia. Ia menuturkan bahwa target vaksinasi tersebut bertujuan untuk mendukung pembelajaran tatap muka (PTM) yang mulai dilaksanakan 100 persen pada pekan ini dan melindungi anak-anak dari keterpaparan Covid-19 khususnya varian baru yaitu Omicron yang perkembangannya cukup cepat.

“Anak-anak kita adalah generasi yang mengisi posisi penting di tahun 2045 karena tahun 2030 kita memiliki potensi 60 persen masyarakat kita berada di usia produktif. Untuk bisa mempersiapkan SDM unggul, mau tak mau anak-anak kita harus kita jaga dari risiko terkait munculnya varian baru atau varian-varian yg nanti muncul. Yang kita lakukan salah satunya memberikan kekebalan imunitas dengan vaksin,” ujar Kapolri.

BACA JUGA: Kota Cirebon Turun ke PPKM Level 2

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. dan Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D.

Menko Muhajir menambahkan, untuk daerah lain yang belum melaksanakan vaksinasi untuk anak 6-11 tahun ini, akan didistribusikan menyeluruh ke berbagai daerah sehingga dapat target nasional dari Presiden sesegera mungkin tercapai. (Surya)

Comment