by

Sri Intan Wulandari Dirikan Rumah Baca Lebak Aksara

BANYAKNYA anak-anak Blok Lebak, Desa Karangwangi, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, yang nyaris tidak suka membaca, membuat pemudi setempat, Sri Intan Wulandari prihatin. Ia lalu mendirikan Rumah Baca Lebak Aksara yang menyediakan sejumlah buku bacaan bagi anak-anak agar memiliki budaya membaca.

Anak dara yang akrab disapa Intan itu menjelaskan Rumah Baca Lebak Aksara ada bermula dari kecintaannya bersama para pengurus pada buku dan kegiatan membaca. Dari situ tumbuh keinginan berbagi semangat membaca khususnya kepada anak-anak dan para remaja dan umumnya kepada masyarakat yang ada di lingkungan sekitar.

“Atas kesepakatan kami semua, tepat pada 12 September 2020, dengan bermodalkan 35 eksemplar buku pribadi Intan yang terdiri dari buku novel, buku anak dan buku-buku pembelajaran, kami mendirikan sebuah rumah baca yang kami beri nama Lebak Aksara,” kata Intan saat kepada Suara Cirebnon, Selasa (4/1/2022).

Intan menuturkan, awalnya ia menginisiasi para pemuda baik mahasiswa maupun non-mahasiswa untuk membentuk wadah kepedulian perkembangan daerah, termasuk dalam bidang minat baca.

“Dengan itu kami bekerja secara kolektif dan kolaboratif untuk mengumpulkan buku bacaan dengan segmentasi anak-anak dan remaja, lalu kami sajikan secara sederhana dan inovatif,” ujarnya.

Intan menuturkan, saat pandemi Covid-19 yang mengharuskan anak-anak sekolah belajar di rumah, relawan dan pegiat Rumah Baca Lebak Aksara hadir mendampingi. Hal itu mengingat, anak-anak mengalami kesulitan saat harus belajar secara daring di rumah.

“Dalam hal ini, fokus rumah baca bukan hanya tentang pendidikan formal, akan tetapi merambah kepada pengembangan diri setiap pengurus dan anak didiknya,” kata aktivis PMII Cirebon itu. 

Dirinya berharap, keberadaan rumah baca bisa memberi warna baru dan tambahan pengetahuan di lingkungan masyarakat, khususnya dalam menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap kegiatan membaca, pengembangan bakat, budaya literasi para muda-mudi sekitar, kegiatan sosial dan saling berinteraksi di antara sesama.

BACA JUGA: Kuliah dan Berorganisasi

Sampai saat ini, mereka memanfaatkan ruangan kosong di samping rumah Intan, dengan fasilitas sarana dan prasarana seadanya untuk rumah baca.

“Kami punya cita-cita agar nanti bisa mendirikan sanggar secara mandiri yang bisa dipergunakan sebagai pusat aktifitas kreasi dan apresiasi anak-anak, para remaja dan warga masyarakat yang ada di lingkungan kami,” harapnya.

Rumah Baca Lebak Aksara berada di Blok Lebak RT 001 RW 004 No. 11 Desa Karangwangi Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon 45155. (Surya)

Comment