by

Kawali akan Tanam Pohon di Keraton Kacirebonan

KOTA CIREBON, SC- Organisasi yang bergerak pada bidang lingkungan hidup dan hak asasi manusia, Koalisi Kawali Indonesia Lestari (Kawali) berencana menggelar acara dalam rangka Hari Gerakan Sejuta Pohon yang diperingati setiap tanggal 10 Januari setiap tahunnya.

Ketua DPD Kawali Cirebon Raya, Wahyudi mengatakan, akan menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka peringatan Hari Gerakan Sejuta Pohon yang dipusatkan di Keraton Kacirebonan. Pihaknya akan menggandeng puluhan komunitas dan beberapa perusahaan di Kota Cirebon yang peduli pada pelestarian lingkungan.

“Pada hari Sabtu (15/1/2022) mendatang, kami dari DPD Kawali Cirebon Raya akan menggelar kegiatan dengan mengusung tema Tanam Pohon dan Pungut Sampah di Keraton Kacirebonan,” kata Wahyudi.

BACA JUGA: Situs Lawang Sanga, Pintu Masuk Tamu Mancanegara Berada di Belakang Keraton Kasepuhan

Wahyudi menyampaikan, isu lingkungan menjadi hal yang sangat penting dan krusial untuk ditangani secara bersama-sama.

”Dalam kesempatan ini Kawali hadir bersama komunitas dan perusahaan yang peduli kepada lingkungan untuk bersama-sama bahu membahu, menjadikan Cirebon peduli terhadap lingkungan. Sehingga jika lingkungannya lestari maka Cirebon menjadi kota yang bersih dan asri,” ujar Wahyudi.

Sementara itu, salah satu perusahaan yang mendukung Hari Gerakan Sejuta Pohon, Kawan Lama Group melalui Ace Hardware Living Plaza Cirebon ikut berperan aktif dengan mendonasikan sebanyak 1000 (seribu) bibit pohon jambu biji.

BACA JUGA: Kisruh Keraton Kasepuhan Ancam Cagar Budaya

Area Manajer Ace Hardware wilayah Cirebon, Santosa Permana, mengatakan pihaknya sangat mendukung penghijauan dan peduli terhadap lingkungan.

“Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi kegiatan Kawali Cirebon Raya dengan memberi bibit pohon, semoga ini bisa menjadi manfaat bagi kita semua,” ujarnya, Rabu (12/1/2022).

Peringatan Hari Gerakan Sejuta Pohon kali ini juga melibatkan puluhan peserta murid Taman Kanak-kanak (TK). Mereka akan dibekali edukasi tentang cara menanam pohon dan menjaga kebersihan lingkungan.

BACA JUGA: Sultan Aloeda II, R Rahardjo Djali Gugat Tahta Keraton Kasepuhan Cirebon ke Pengadilan

Pada kesempatan tersebut rencananya akan digelar kegiatan lainnya seperti pentas seni tari, taman baca buku, donor darah untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI kota Cirebon serta pentas seni musik tunggal.

“Kawali Cirebon Raya tidak akan bisa menjalankan visi misi dan tujuannya dalam mengawal dan menjaga kelestarian lingkungan tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan di tanggal 15 Januari nanti,” tutupnya. (Sarrah/job)

Comment