by

KPU Sampaikan Simulasi Dapil, Opsi Dua, Tiga dan Lima Dapil Dianggap Paling Memungkinkan

KOTA CIREBON, SC- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon, Didi Nursidi mengatakan, pihaknya belum dapat dapat memastikan penyesuaian daerah pemilihan (Dapil), sebagaimana telah diwacanakan sejumlah pihak. Pasalnya, lanjut Didi, penentuan dapil bukan kewenangan KPU daerah tetapi merupakan keputusan KPU RI. Hal itu disampaikan Didi saat rapat kerja dengan Komisi I DPRD Kota Cirebon di gedung Griyasawala, Rabu (12/1/2022).

Didi menyampaikan, untuk tahapan penyesuaian dapil ini, KPU Kota Cirebon baru akan menyampaikan simulasi opsi komposisi dapil ke KPU Provinsi Jawa Barat.

“Nanti Juli-Oktober kami susun komposisi berdasarkan data kependudukan semester I tahun 2022. Kami akan sampaikan tiga opsi dapil,” kata Didi.

BACA JUGA: Setelah Jabatan Walikota Cirebon Selesai, Nasrudin Azis Ingin Lanjut ke DPR RI

Usai tersusun dengan pelibatan semua pihak terkait, sambung Didi, pihaknya akan mengirimkan ke KPU Provinsi Jawa Barat. Selanjutnya, KPU provinsi mengirimkan ke KPU RI sebanyak dua opsi dapil.

“Paling telat Desember tahun 2022 sudah ditetapkan oleh KPU RI,” katanya.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi I DPRD Kota Cirebon, Imam Yahya mengatakan, pada rapat kerja ini KPU lebih menekankan pada simulasi penyesuaian dapil. Namun, pada simulasi penyesuaian dapil ini, KPU Kota Cirebon mengajukan dapil dibagi tiga.

BACA JUGA: Kebutuhan Perda Tanah Timbul Mendesak, Komisi I DPRD Kota Cirebon: Itu Permasalahan Klasik yang Dihadapi Pemkot

Menurut Imam, yang paling memungkinkan pada simulasi dapil adalah dua dan tiga opsi pembagian. Pasalnya, lanjut Imam, pembagian empat dapil tidak memenuhi asas ketaatan pada sistem pemilu proporsional.

“Karena kalau opsi empat, dapilnya terlalu kecil seperti Pekalipan cuman tiga kursi dan itu tidak proporsional, karena antara dapil dan jumlah pemilih sangat jomplang,” kata Imam.

Yang paling memungkinkan dan sangat mendekati pada simulasi dapil ini, kata Imam, yakni lima dapil. Karena antardapil dan jumlah pemilih sangat tidak jauh, antara 6 kursi sampai 8 kursi.

BACA JUGA: Optimalsasi Sumur Artesis Solusi Krisis Air Bersih, DPRD Kota Cirebon, Ahmad Syauqy: DPRKP dan DPUTR Harus Berkoordinasi

Menurutnya penyesuaian Dapil ini, akan berpengaruh terhadap partai politik yang akan memetakan calon legislatif di setiap dapil.

“Setidaknya partai politik sudah ada gambaran orang yang akan dipasang di setiap dapil,” pungkasnya. (Surya)

Comment