by

Permudah Pembayaran Pajak, Pemkot Cirebon Luncurkan e-BPHTB

KOTA CIREBON,  SC- Pemerintah Kota Cirebon melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) meluncurkan aplikasi e-BPHTB yang dapat digunakan dalam melakukan pembayaran pajak.

Melalui aplikasi e-BPHTB, masyarakat Kota Cirebon akan lebih mudah melakukan pembayaran Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan tidak mesti harus bayar secara manual.

Wali Kota Cirebon, H Nashrudin Azis mengatakan, aplikasi tersebut selain mempermudah pembayaran, juga sangat membantu karena masyarakat dapat mengetahui tagihan yang harus dibayar.

BACA JUGA: Kebutuhan Perda Tanah Timbul Mendesak, Komisi I DPRD Kota Cirebon: Itu Permasalahan Klasik yang Dihadapi Pemkot

“Sekarang lebih mudah, tinggal unduh aplikasi bisa memeriksa tagihan,” kata Azis, usai launching aplikasi e-BPHTB dan menandatangan elektronik aplikasi e-SPPT PBB P2, di ruang Adipura, Kota Cirebon, Rabu (12/1/2022).

Setelah aplikasi e-BPHTB dilaunchingkan, Azis berharap masyarakat Kota Cirebon dapat lebih patuh untuk membayar pajak. Karena dari pajak yang dibayarkan masyarakat pembangunan di Kota Cirebon dapat berjalan dengan baik.

“Karena sektor  pendapatan pajak ini salah satu kekuatan membangun Kota Cirebon,” kata Azis.

BACA JUGA: Pemkot Cirebon Targetkan Rp30 Miliar dari Sektor Pajak, Walikota Nasrudin Azis Melalui BPKPD akan Cetak Massal 82 Ribu SPPT PBB-P2

Selain itu, menurut Azis, pajak yang dibayarkan masyarakat kepada Pemerintah Kota Cirebon akan kembali kepada masyarakat dalam bentuk peningkatan ekonomi.

“Contohnya dengan pajak yang kita ambil akan mampu membiayai pembangunan. Pembangunan digelar dan di situ akan terjadi perputaran roda ekonomi, dengan demikian dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPKPD Kota Cirebon Arif Kurniawan, menambahkan, aplikasi ini memangkas waktu mengurus pajak BPHTB dan PBB P2. Pembayaran pajak, bisa dilakukan secara online di minimarket atau di bjb.

BACA JUGA: Ingin Langsung Menjangkau Konsumen dan Perluas Pemasaran, Wakil Walikota Cirebon: Eti Herawati: Pelaku UMKM Harus Manfaatkan Teknologi Digital Marketing

“Menggunakan aplikasi bisa memangkas waktu dua hari,” katanya.

Pihaknya menarget pendapatan dari pajak BPHTB pada tahun ini sebesar Rp36 miliar dan dari PBB P2 sebesar Rp34 miliar. Ia meyakini target tersebut dapat tercapai. (Surya)

Comment