by

Hasil Swab Keluarga Pasien Omicron Asal Cirebon Negatif Covid-19

KOTA CIREBON, SC – Setelah mengetahui ada satu warga Kota Cirebon yang terpapar Covid-19 varian Omicron, Dinas Kesehatan Kota Cirebon gerak cepat melakukan tracing keluarga dan teman dekat, warga tersebut.

Langkah ini dilakukan Dinkes untuk mendeteksi dini adanya penyebaran covid-19 varian Omicron kepada keluarga, kerabat atau teman dekat, warga yang terpapar Omicron itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiarto mengatakan, sebanyak 30 orang yang merupakan keluarga dan suadara warga yang terkonfirmasi positif Omicron telah di-tracing.

“Sebanyak 30 orang telah di-swan. Hasil tes swabnya menunjukkan negatif. Meski demikian, Dinkes meminta untuk tidak terburu-buru mengunggu kedatangan pasien,” kata Edy kepada wartawan, Kamis (20/1/2022).

BACA JUGA: Baru Pulang dari Pakistan, TKI Asal Kota Cirebon Positif Omicron

Edy menyebutkan, kasus Omicron di Kota Cirebon baru terdeteksi satu orang. Dirinya berharap tidak ada penyebaran yang berlebih.

“Kasus Omicron di Cirebon sudah ada satu, dia perjalanan dari Pakistan. Indramayu 2 dari Saudi Arabia dan Turki, Kabupaten Cirebon 2. Majalengka dan Kuningan belum terdeteksi,” kata Edy.

Pasien yang terkonfirmasi Omicron tersebut, lanjut Edy, bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri yang melakukan perjalanan pulang ke Indonesia.

“Iya (TKI) warga Karyamulya, sudah beberapa hari ini di Wisma Atlet sejak tanggal 6 (Januari). Antisipasinya diimbau untuk tidak pulang dulu sampai benar-benar negatif,” ujarnya.

Untuk mengatasi penyebaran kasus Omicron, Edy berharap perjalanan dari Cirebon menuju Jakarta atau sebaliknya untuk dibatasi.

BACA JUGA: Sekda Kota Cirebon Minta RS Siap Siaga Hadapi Omicron

Untuk diketahui, Satgas Covid-19 Kota Cirebon meminta setiap rumah sakit melakukan kesiapsiagaan untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Ketua Harian Satgas Covid-19 yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, H Agus Mulyadi menegaskan, Pemkot Cirebon terus mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19 varian Omicron, salah satunya dengan menggenjot vaksinasi khususnya untuk anak usia 6-11 tahun. Terlebih, menurut informasi sudah ada warga Kota Cirebon yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

“Kita sudah minta rumah sakit melakukan kesiapsiagaan. Penanganan gelombang kedua Covid-19 varian delta sebelumnya menjadi pengalaman. Insyaallah siap (menghadapi lonjakan varian Omicron, red),” kata Agus, belum lama ini. (Surya)

Comment