by

Anggota DPR RI, Hero: Banjir Cirebon Timur Tanggung Jawab Kementerian PURP

KABUPATEN CIREBON, SC- Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kota-Kabupaten Cirebon dan Indramayu, H Herman Khaeron mengatakan, penanganan banjir di wilayah timur Kabupaten Cirebon merupakan tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Hal itu disampaikan Herman Khaeron saat memberikan bantuan sembako kepada korban banjir di Desa Cilengkrang, Kecamatan Pasaleman, Kabupaten Cirebon, Sabtu (12/2/2022).

Menurut anggota Fraksi Demokrat yang akrab disapa Hero itu, banjir Cirebon Timur (Cirtim) harus mendapat perhatian serius dari pihak Kementerian PUPR. Pasalnya, setiap tahun seluruh warga yang berada di sekitar daerah aliran sungai (DAS) wilayah timur Kabupaten Cirebon, selalu menjadi korban.

BACA JUGA: Warga Sebut Pejabat Cuma Obral Janji, Banjir Cirebon Timur Terjadi Berkali-kali tanpa Pernah Ada Solusi Pasti

“Warga yang dilalui aliran sungai yang menjadi korban, ini jangan terus menerus dibiarkan. Sudah menjadi kewajiban Kementerian PUPR untuk melakukan penanganan,” kata Hero kepada awak media.

Hero mengaku siap mengawal proposal penanganan banjir ke Kementerian PUPR, agar persoalan banjir di wilayah timur Kabupaten Cirebon segera tertangani.

“Nanti Kuwu tinggal kirim surat kepada saya dan nanti akan saya teruskan kepada Menteri PUPR, sebagai aspirasi saya di daerah yang disampaikan nanti secara resmi menggunakan nota dinas saya sebagai anggota DPR RI,” ujarnya.

BACA JUGA: Tahun ini Waled Dilanda 6 Kali Banjir, Tahun sebelumnya 17 Kali

Ia mengaku perlu mengetahui penyebab banjir yang setiap tahun selalu terjadi di kawasan tersebut.

“Informasi yang saya dapat menyebut, banjir di Desa Cilengkrang penyebabnya luapan Sungai Cisanggarung, sementara banjir di Desa Tuk Karangsuwung penyebabnya luapan Sungai Singaraja,” kata Hero.

Hero juga menyempatkan menunjungi sejumlah warga terdampak banjir di Kabupaten Cirebon.  Ada dua daerah yang dikunjungi, yakni Desa Cilengkrang, Kecamatan Pasaleman,  serta di Desa Tuk Karangsuwung, Kecamatan Lemahabang.

BACA JUGA: Kang Emil Bawa Kabar Gembira, dari Pembangunan Terminal Ciledug hingga Penanggulangan Banjir di Wilayah Timur Cirebon

“Selain memberikan bantuan, saya juga ingin mengetahui penyebab banjir di wilayah itu,” tuturnya.

Ia memastikan, persoalan itu segera mendapatkan perhatian serius dari pihak Kementerian PUPR, sehingga banjir tidak lagi terjadi setiap memasuki tiba musim hujan.

Lebih lanjut Hero juga menyampaikan, bahwa dalam kunjungannya tersebut dirinya juga memberikan bantuan untuk warga yang menjadi korban banjir akibat luapan Sungai Cisanggarung.

BACA JUGA: Bupati Cirebon Curhat Soal Banjir ke Gubernur

“Saya juga mendukung terhadap pendidikan, dengan memberikan bantuan berupa perlengkapan sekolah sebanyak 50 paket,” pungkasnya. (Baim)

Comment