by

Usulan USB SMPN Plumbon Belum Direspon, Surat Segera Dikirim Lagi ke Bupati Cirebon

KABUPATEN CIREBON, SC- Usulan pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kecamatan Plumbon, tepatnya di wilayah Desa Cempaka masih belum mendapat respon dari Pemkab Cirebon.

Padahal, usulan sudah disampaikan sejak sekitar satu tahun lamanya. Bahkan, pihak Pemerintah Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon yang mengusulkan pembangunan USB tersebut sudah beraudiensi dengan Bupati dan Wakil Bupati Cirebon.

Kendati demikian, Kuwu Desa Cempaka, Adam mengaku, akan kembali mencoba berkirim surat kepada Bupati dan Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon untuk meminta audiensi terkait hal tersebut.

BACA JUGA: Disdik Nilai USB SMPN 3 Plumbon Masih Prematur

“Secepatnya, kami akan berkirim surat lagi untuk meminta audiensi dengan Bupati maupun Wakil Bupati dan Kepala Dinas Pendidikan lagi. Karena tiga bulan lagi sudah mulai ada penerimaan peserta didik baru,” kata Adam, kemarin (25/3/2022).

Menurut Adam, usulan pembangunan USB itu bukan sekadar mengusulkan tapi tanpa persiapan. Segala sesuatu terkait usulan tersebut sudah dipersiapkan dari mulai lahan untuk pendirian USB, dukungan atau support dari Anggota DPRD Kabupaten Cirebon pada Dapil setempat hingga dari dukungan dari Kuwu se-Kecamatan Plumbon.

Bahkan, orang tua siswa yang anaknya akan memasuki jenjang SMP pun tak kalah kuat dukungannya. Dia menjelaskan, jika USB di Desa Cempaka bisa berdiri, maka akan dapat mengcover para siswa dari banyak wilayah, seperti dari Desa Pamijahan, Lurah, Kejuden, Karangsari, Kelurahan Kaliwadas, Pasalakan, dan sebagian Kelurahan Watubelah.

BACA JUGA: Komisi IV Dukung Pembangunan SMPN 3 Plumbon

“Ini akan banyak orang tua siswa dari desa terdekat yang memasukkan anaknya di USB sini kalau sudah berdiri,” jelas Adam.

Salah satu warga desa setempat, Wahyu Riswandi (38) juga mempertanyakan rencana pembangunan USB di Kecamatan Plumbon yang wacananya sudah dia dengar sejak lama. Pasalnya, dia sendiri mengaku memiliki anak yang akan memasuki jenjang pendidikan SMP.

“Sampai sekarang kan belum ada keputusan. Karena kalau masih ada sistem zonasi PPDB, peserta didik yang ada di wilayah Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon dan sekitarnya tidak diterima di SMPN terdekat baik dari SMPN 2 Plumbon maupun SMPN 1 Sumber,” ujarnya.

BACA JUGA: Disdik Disarankan Kaji USB SMPN 3 Plumbon

Karena itu, dirinya sangat mengaharapkan USB di Kecamatan Plumbon bisa segera terwujud. “Kami sangat mengarapkan kepastian, agar anak saya dapat sekolah di SMP Negeri,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan warga setempat lainnya, Rohayati (42) yang anaknya juga tahun ini memasuki jenjang SMP. Dirinya meminta kepada Bupati Cirebon agar dapat segera mewujudkan pendirian USB di Desa Cempaka.

“Kalau belum bisa dibangun, minimalnya pembukaan PPDB bisa dimulai. Entah nanti sekolahnya numpang di SD terdekat atau SMPN 2 dulu, yang penting status anaknya sudah sekolah di SMPN 3 Plumbon,” ucapnya. (Islah)

BACA JUGA: Pemdes Dukung Pembangunan SMPN 3 Plumbon

Comment