by

Besok BPBD Kabupaten Cirebon Lakukan Assesmen Longsor di Desa Belawa

KABUPATEN CIREBON, SC- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon membenarkan terjadinya bencana longsor yang menerjang salah satu rumah warga di Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon pada Sabtu (26/3/2022).

Rencananya, pada Ahad (27/3/2022) besok, BPBD Kabupaten Cirebon akan meninjau lokasi untuk melakukan assesmen.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cirebon, Juwanda mengatakan, laporan bencana longsor sudah ia terima dari aparat desa setempat pada Sabtu sore (26/3/2022).

BACA JUGA: Hujan Deras, 1 Rumah di Desa Belawa Tertimbun Longsor

Namun, lanjut dia, karena laporannya masuk sore hari, maka assesmen pun baru bisa dilakukan pada keesokan harinya.

“Sebenarnya bisa saja kita langsung assesmen, tapi kalau malam hari kan nanti hasil assesmen tidak maksimal. Selain itu juga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan karena membahayakan petugas yang melakukan assesmen,” kata Juwanda.

Ia menjelaskan, assemen dilakukan untuk mengetahui penyebab longsor dan upaya penanganan yang dilakukan BPBD pascbencana.

BACA JUGA: Tidak Ada Bantuan Material Dampak Bencana Ringan, Dinsos Kabupaten Cirebon: Pemdes Harus Anggarkan

Selain itu, Juwanda menerangkan, juga untuk mengetahui bantuan logistik yang akan diberikan BPBD Kabupaten Cirebon dan untuk menghitung kerugian yang ditimbulkan dari bencana tersebut.

“Jadi assesmen itu juga untuk menghitung kerugian, kalau soal teknis (bantuan material, red) kan nanti oleh dinas terkait, bukan BPBD,” terangnya. (Islah)

Comment