by

Gaet Mahasiswa Baru, FSEI IAIN Cirebon Sosialisasikan 8 Prodi ke Siswa SMA

CIREBON, SC- Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar sosialiasi terhadap siswa SMA dan sederajat di salah satu hotel di Kota Cirebon, Rabu (16/3/2022).

Dalam sosialisasi tersebut, siswa SMA sederajat ini dikenalkan delapan program studi yang ada di FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Ini dilakukan untuk menggaet mahasiswa baru tahun ajaran 2022-2023.

Dekan FSEI IAIN Syekh Nurjati Cirebon, H Aan Jaelani mengatakan, sosialiasi ini dilakukan dalam dua gelombang yaitu Rabu dan Kamis, dengan hari pertama sosialiasi dilakukan kepada MA/SMA/SMK yang berasal dari wilayah Kabupaten Kuningan, Majalengka, Brebes, serta Tegal.

BACA JUGA: Draf KMA BLU PTKIN Difinalisasi di IAIN Cirebon

“Tujuan dari sosialiasi ini juga terkait dengan pengembangan kelembagaan dari IAIN menuju University Islam Syber Syekh Nurjati (UISSI), mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa terealisasi,” ujar Aan, di sela sosialiasi.

Selain itu, sosialiasi ini juga dilakukan untuk memperkenalkan perubahan kelembagaan dari Fakultas Syariah Ekonomi Islam menjadi dua fakultas yaitu Fakultas Syariah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

“Fakultas Syariah memiliki empat program studi yaitu prodi Hukum Keluarga, Hukum Ekonomi Syariah, Tata Negara Islam dan Falaq. Sementara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam memiliki empat prodi, yaitu Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah, Akuntansi Syariah, dan Pariwisata Syariah,” ujarnya.

Menurutnya, delapan prodi pada fakultas yang akan dikembangkan tersebut diharapkan bisa lebih dikenal melalui sosialiasi tersebut.

BACA JUGA: PPG IAIN Cirebon Tahun 2022 Dibuka

“Karena hal ini juga bertujuan untuk memperceat akses pemerataan pendidikan, khususnya di Jawa Barat bagian timur. Kemudian, sosialiasi ini juga diberikan semata untuk memberikan informasi kepada calon mahasiswa dari lulusan MA/SMA/SMK untuk bisa mendaftarkan diri dan bergabung di IAIN Syekh Nurjati Cirebon,” tuturnya.

Secara teknis, dalam sosialiasi ini juga diberikan ketentuan dalam pendaftaran mahasiswa baru sehingga para calon mahasiswa baru tersebut bisa lebih mudah saat akan mendaftarkan diri.

“Mudah-mudahan sosialisasi ini bisa memberikan manfaat, terutama bagi sekolah yang nantinya mereka bisa memberikan informasi ini kepada anak-anak di sekolahnya,” ujar Aan.

BACA JUGA: Siapkan Wartawan Jadi Dosen Tamu, PWI dan IAIN Cirebon Bahas Kerja Sama

Aan menambahkan, dua program studi yang baru ada yaitu prodi Pariwisata Syariah dan Falaq akan memiliki peluang besar untuk pemerataan akses pendidikan.

“Sehingga penerimaan jumlah mahasiswa barunya akan berbeda,” katanya. (Arif)

Comment