by

Tradisi Ganti Kelambu Ki Gede Megu

KABUATEN CIREBON, SC- Pemerintah Desa (Pemdes) Megu Gede, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon melaksanakan prosesi Ganti Kelambu Makam Ki Gede Buyut Megu yang berada di Kompleks Pemakaman Gunung Sembung, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Rabu (30/3/2022).

Kuwu Megu Gede, Iman Fitriyadi mengatakan, trasidi ganti kelambu makam Ki Gede Megu telah dilakukan secara turun temurun. Pihaknya hanya mengikuti tradisi tersebut agar tetap lestari.

“Tradisi ganti kelambu ini sudah ada turun temurun sejak dahulu, menjadi salah satu kekayaan budaya Kabupaten Cirebon. Tradisi ganti kelambu Ki Gede Buyut Megu hingga kini masih terus dilestarikan,” kata Iman kepada Suara Cirebon.

BACA JUGA: Kunjungi Keraton dan Ziarahi Makam Sunan Gunung Jati, Bupati Ajak Forkopimda dan SKPD Napak Tilas

Dirinya membawa sejumlah perangkat desa menuju Kompleks Makam Gunung Sembung (Jati) karena dalam pelaksanaannya, penggantian kelambu itu harus dilakukan sejumlah orang.

“Dalam prosesnya dilakukan Lebe dibantu perangkat desa lainnya secara bergotong-royong. Alhamdulilah acaranya ganti kelambu ini dapat berjalan dengan lancer,” ujarnya.

Iman mengaku, di tengah kemajuan zaman dan teknologi, tradisi yang bertalian erat dengan jati diri warga Megu Gede harus tetap dipertahankan.

BACA JUGA: Kabar Gembira, Mudik 2022 Dilonggarkan, Kapolda Jawa Barat: Namun…

“Bangsa ini masih berdiri tegak karena kekayaan budayanya masih dipertahankan oleh masyarakatnya. Dengan kebudayaan persatuan dan kesatuan kita semakin kuat. Saya mengharapkan tradisi yang menjadi kekayaan autentik kebudayaan daerah harus terus dipertahankan baik di tingkat desa bahkan hingga tingkat kabupaten,” pungkasnya. (Vicky)

Comment