by

Pembangunan Terminal Ciledug Picu Efek Domino

KABUPATEN CIREBON, SC- Wakil Bupati Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Terminal Ciledug, Kabupaten Cirebon, Kamis (31/3/2022).

Dalam kegiatan tersebut Wabup didampingi anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Daddy Rohanady dan Kepala UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ Wilayah IV yang membawahi Suciayumajakuning (Subang Indramayu, Cirebon, Majalengka dan Kuningan), Moch Danny Fulton.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Rizanul Ulum yang mengikuti ground breaking (peletakan batu pertama) Pembangunan Terminal Ciledug melalui zoom meeting menyampaikan, tujuan dibangunnya Terminal Tipe B Ciledug tersebut, tidak lain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih prima.

BACA JUGA: Terminal Ciledug Bakal Jadi Percontohan di Jabar, Dibangun Modern Lengkap dengan Gerai UMKM dan Jembatan Penyeberangan

“Akan ada efek domino, pertama masyarakat bisa terlayani khususnya dalam hal transportasi, lalu pengusaha angkutan ada tempat bernaung. Terminal juga ada fungsi lain yaitu mendapatkan PAD (pendapatan asli daerah, red), sekalipun tidak dijadikan andalan yang signifikan,” kata Wagub Uu.

UU menegaskan, keberadaan Terminal Ciledug akan membawa dampak positif dan multiefek yang sangat luar biasa.

“Harapan kami karena keberadaannya di daerah, maka Pemerintah Kabupaten bisa ikut memelihara dan bertanggung jawab. Semoga pembangunan Terminal Ciledug ini membawa kebaikan dan barokah,” ujarnya.

BACA JUGA: Miliki Gedung Baru, Terminal Harjamukti segera Dioperasikan

Sementara itu, Wabup Cirebon dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, pelaksanaan ground breaking Terminal Ciledug sebagai momen sejarah. Pasalnya, menurut dia, untuk sampai ke titik dimulai pembangunan ini penuh perjuangan.

“Untuk sampai ke titik dimulai pembangunan ini penuh perjuangan. Sejak tahun 2019 dirintis, baru tahun ini dapat terealisasikan (peletakan batu pertama, red),” kata Ayu.

Wanita yang akrab disapa Ayu itu menyampaikan, apresiasinya kepada Daddy Rohanady yang telah berjuang agar Pembangunan Terminal Ciledug ini dapat terwujud.

BACA JUGA: Banyak Dikeluhkan dan Picu Provokasi, Motor Knalpot Bising Terancam Razia dan Tilang

Menurutnya Ayu, wilayah Ciledug merupakan kawasan industri dan telah tumbuh beberapa industri besar. Dirinya berharap, terminal itu dapat menjadi magnet wisata terlebih di saat musim libur

“Bisa dibayangkan ketika satu perusahaan saja karyawannya mencapai ribuan, kondisi jalan tentunya akan mengalami kemacetan. Keberadaan Terminal Ciledug ini nantinya diharapkan akan mampu mengurai persoalan tersebut. Selain itu yang tidak kalah penting yaitu adanya peningkatan  perekonomian masyarakat sekitar,” ujar Ayu.

Menurut Ayu, keberadaan Terminal Ciledug akan dibangun dengan konsep modern, mengusung ramah penyandang difabel dengan menyediakan jalur khusus difabel. Selain itu, terminal juga menyediakan tempat ritel untuk pelaku UMKM.

BACA JUGA: Sistem Tilang Elektronik di Kota Cirebon Tunggu Launching Korlantas Polri

“Semua itu dapat menjadikan perekonomian masyarakat jadi lebih meningkat,” tegasnya.

Ayu menjelaskan, Pemkab Cirebon melalui Dinas Perhubungan ikut dukungan dengan merencanakan menambah trayek baru untuk angkutan agar transportasi terintergrasi ke Terminal Ciledug.

“Kami berharap keberadaan Terminal Ciledug ini akan membawa efek yang positif bagi pembangunan Kabupaten Cirebon,” pungkasnya. (Baim)

Comment