by

Sejumlah Puskesmas Adakan Pengobatan Gratis

KABUPATEN CIREBON, SC– Sejumlah puskesmas di Kabupaten Cirebon menggelar kegiatan pengobatan gratis bagi masyarakat, dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-540 Kabupaten Cirebon,  Kamis (31/3/2022).

Seperti dilakukan Puskesmas Pabedilan, yang kegiatan pengobatan gratis bagi masyarakati Desa Tersana, Kecamatan Pabedilan.

Petugas Puskesmas Pabedilan, Nurhayati, mengatakan, pengobatan gratis itu bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

BACA JUGA: Dinkes Gelar Operasi Katarak Gratis

“Kegiatan ini sekaligus dalam rangja memperingati HUT ke-540 Kabupaten Cirebon,” ujarnya kepada Suara Cirebon.

Dikatakannya, ada sebanyak 35 warga Desa Tersana dan sekitarnya yang datang melakukan pemeriksaan kesehatan gratis. Pelayanan yang diberikan meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan kadar gula darah, dan pemeriksaan kesehatan bagi lansia.

“Masyarakat begitu antusias  adanya pengobatan gratis ini, bahkan mereka meminta kepada kami agar  kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan,” ungkapnya.

BACA JUGA: Presiden Minta Kepala Daerah Kompak Turunkan Stunting 

Dijelaskannya, kebanyakan masyarakat mengeluhkan badan pegal pegal, tensi darah tinggi atau rendah dan keluhan penyakit ringan lainnya.

“Alhamdulillah, tidak ditemukan yang mengindap pilek maupun batuk yang disertai demam,” paparnya.

Sementara Kuwu Tersana, Sarja Sugendri, mengapresiasi adanya kegiatan pengobatan gratis yang dilakukan Puskesmas Pabedilan tersebut.

BACA JUGA: Pemerintah Desa Megu Gede Dibantu Puskesmas Karangsari Gencarkan Vaksinasi

“Kami sih berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin agar kesehatan masyarakat dapat terjamin,” kata Sarja.

Kegiatan serupa, digelar pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon dan Puskesmas Kedawung di GOR Desa Kedungjaya, Kecamatan Kedawung. Ratusan warga Kecamatan Kedawung pun memanfaatkan kesempatan itu untuk memeriksakan kesehatannya.

Terlebih layanan pemeriksaan tidak hanya meliputi cek kesehatan umum namun juga pemeriksaan kadar gula darah dan lainnya, termasuk layanan vaksinasi Covid-19 dosis satu, dosis dua dan dosis ketiga atau booster.

BACA JUGA: Cegah Stunting Sejak Masih Catin

Kuwu Kedungjaya, Susilowadi mengapresiasi kegiatan pengobatan gratis itu, karena manfaatnya sangat dirasakan masyarakat.

“Kegiatan seperti ini besar manfaatnya. Masyarakat kami bisa mendapat layanan pemeriksaan kesehatan umum hingga cek kadar gula darah. Bahkan yang belum vaksin Covid-19 pun dilayani,” kata Susilowadi. (Baim/Vicky)

Comment