by

Sentil Pejabat dan ASN, Bupati Cirebon Mengaku Malu

KABUPATEN CIREBON, SC- Pembangunan di Kabupaten Cirebon harus dilakukan bersama-sama oleh eksekutif dan legislatif. Karena itu, eksekutif dan legislatif harus kompak agar pembangunan bisa terlaksana dengan baik.

Hal itu dikatakan Bupati Cirebon, H Imron saat rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-540 Kabupaten Cirebon di gedung DPRD setempat, Jumat (1/4/2022) kemarin.

Menurut Bupati Imron, Pemkab Cirebon bertekad menjalankan visi misi daerah dan tema nasional hari jadi, yaitu Cirebon Maju Bersama Menuju Indonesia Berakhlak. Untuk itu, nilai-nilai aparatur sipil Negara (ASN) yang berorientasi pelayanan akuntabel, kompeten, harmonis, loyal dan kolaboratif harus benar-benar dijaga dan dijalankan.

BACA JUGA: Jarang Koordinasi, Bupati Cirebon Tegur Para Kadis

“Ini pesan Presiden yang meminta ASN memegang teguh nilai-nilai dasar, serta mempunyai semboyan yang sama dalam menjalankan tugasnya. ASN harus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” kata Imron.

Momentum hari jadi tersebut, menurut Imron, juga mengambil tema kearifan lokal yang berarti Cirebon menebar kasih sayang kepada sesama makhluk. Demikian itu, cita-cita mewujudkan Kabupaten Cirebon yang lebih baik karena ucapan dan tingkah laku pejabat harus selaras. Jangan sampai omongan hanya basa basi, sementara tindakannya juga berbeda.

“Kita harusnya malu, Kabupaten Cirebon berada pada level bawah dalam segala hal. Untuk itu, perbaiki akhlak kalian sebagai ASN. ASN tidak boleh terkotak-kotak,” ucap Imron.

BACA JUGA: Bupati Cirebon Ajak ASN Teladani Nilai-nilai Islam Para Wali

Sementara itu, Gubernur Jabar yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jabar, Dicky Sahromi, meminta Pemkab Cirebon untuk mempersiapkan SDM yang mumpuni untuk menghadapi persaingan pada era globalisasi seperti sekarang ini.

Di usianya yang sudah 540 tahun, menurut Dicky, harusnya Kabupaten Cirebon sudah berkembang jauh di atas kabupaten lainnya yang ada di Jawa Barat.

“Memang ada beberapa hal yang harus diperbaiki oleh Pemkab Cirebon. SDM harus berkualitas, karena harus bisa bersaing pada era globalisasi seperti sekarang ini,” kata Dicky.

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Mohammad Luthfi menilai, momentun Hari Jadi Kabupaten Cirebon bisa dijadikan pembelajaran semua pihak. Saat ini, indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Cirebon memang masih di bawah wilayah lainnya di Jawa Barat. Namun dirinya yakin, Kabupaten Cirebon bisa bangkit dan mengejar ketertinggalan.

BACA JUGA: Pembelaan DPC PKB Bukti Pembohongan Publik, Senior PKB Kabupaten Cirebon Ingatkan Jangan Jadi Kader Hiprokrit

“Geliat pertumbuhan ekonomi mulai membaik. Wilayah kita mulai dilirik oleh investor dan ini menandakan potensinya sangat luar biasa,” kata Luthfi, usai acara.

Luthfi menambahkan, sinergitas antara eksekutif dan legislatif memang sangat diperlukan. Hal ini, lanjut Luthfi, supaya pembangunan di Kabupaten Cirebon bisa kondusif, sehingga visi dan misi Bupati Cirebon bisa tercapai.

“Kabupaten Cirebon itu usianya sudah 540 tahun. Sebuah usia yang cukup matang untuk bisa berkembang, melebihi daerah lainnya. Mari bersama-sama membangun Kabupaten Cirebon ke arah yang lebih baik lagi,” ungkapnya. (Islah)

Comment