by

Cirebon Timur segera Jadi New Cirebon City

KABUPATEN CIREBON, SC- Wilayah timur Kabupaten Cirebon yang terintegrasi dengan Kabupaten Brebes akan menjadi New Cirebon City (NCC) dan menjadi kawasan industri nasional.

Hal itu terungkap saat sosialisasi rencana dimulainya pelaksanaan pembangunan akses jalan menuju Kawasan Industri Cirebon (KIC) Desa Melakasari, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, yang digelar di balai desa setempat, Rabu (6/4/2022).

Direktur PT. KIC, Joko Prabowo mengakui adanya KIC di Desa Melakasari, secara otomatis akan mengancam mata pencaharian khususnya  para nelayan desa setempat.  Terkait hal itu, Joko berjanji pihaknya akan mengubah nelayan Desa Melakasari yang awalnya nelayan tradisional menjadikan nelayan modern.

BACA JUGA: Razia di Wilayah Timur, Satpol PP Kabupaten Cirebon Sita Ratusan Botol Miras

“Sedikitnya 313 hektare lahan milik warga akan masuk menjadi Kawasan Industri Cirebon, sementara  wilayah Kecamatan Losari jumlah seluruhnya di tahap awal ini ada sekitar 848 hektare lahan yang akan disiapkan sebagai kawasan NCC, dimana di dalamnya selain kawasan industri juga berdiri mal, pelabuhan dan lainnya. Pelepasan lahan sedang dalam proses yang dilakukan oleh notaris dengan BPN,” kata Joko.

Pihaknya merasa perlu melakukan sosialisasi terkait kesiapan dimulainya pembangunan NCC. Untuk tahap awal, lanjut Joko, PT KIC akan melakulan penimbunan lahan untuk akses jalan menuju kawasan.

Menurut Joko, luasnya areal yang mengarah hingga mendekati pantai membuat PT KIC menyiapkan sedikitnya dua pintu utama sebagai akses menuju kawasan. Nantinya, lanjut Joko, akan ada beberapa akses jalan lain yang dibangun.

BACA JUGA: Warga Sebut Pejabat Cuma Obral Janji, Banjir Cirebon Timur Terjadi Berkali-kali tanpa Pernah Ada Solusi Pasti

“Untuk tahap awal kita akan membangun dua titik akses jalan menuju kawasan dahulu. Kita sudah memulai pekerjaan karena proses sudah clear and clean. Semoga sampai 2024 nanti kawasan sudah tertata tinggal penempatan kawasan sesuai peruntukannya,” ujarnya.

Ia menjanjikan, akan membawa para nelayan kepada nelayan modern yang terintegrasi dengan kawasan NCC. “NCC merupakan kota baru dimana didalamnya ada kawasan industri dan lainnya sehingga nelayan yang selama ini menjadi nelayan tradiaional akan didorong menuju nelayan modern,” pungkasnya. (Baim)

Comment