by

Diana Sastra, Ratu Tarling Pantura Rela Ngobrog Keliling Kampung

TRADISI obrog atau membangunkan sahur dengan berkeliling kampung menggunakan beragam alat musik masih banyak dilakukan masyarakat Cirebon hingga kini. Ternyata, tradisi tersebut juga turut dilakukan Ratu Tarling Pantura, Diana Sastra di daerah tempat tinggalnya, yakni Desa Megu Gede, Kecamatan Weru, pada Sabtu (9/4/2022) dini hari.

Lagu-lagu hits tarling pantura dari mulai Tetep Demen, Rangda Kali Menir, Kang Kaji Gaul, Metu Talake, Kelingan, Saksi Banyu Mata dan lainnya didendangkan Diana Sastra, saat ngobrog berkeliling kampung membangunkan makan sahur tersebut.

Iring-iringan obrog tersebut sontak ramai, warga yang semula hanya menonton akhirnya larut dalam suasana dan ikut bernyanyi bersama dengan para seniman Cirebon membangunkan masyarakat untuk sahur.

BACA JUGA: Festival Cirebon Ngatoni Ramadan Resmi Digelar

Menurut Diana Sastra, tradisi obrog ini rutin dilakukan bersama para seniman tarling pantura setiap Ramadhan. Namun, sejak merebaknya Covid-19 sekitar dua tahun lalu, obrog baru dilakukan kembali pada tahun ini.

Selain bertujuan membangunkan sahur, kata dia, obrog juga menjadi sarana bagi para seniman untuk menghibur masyarakat. Ia menyebut, obrog seperti menjadi mini konser yang menyajikan hiburan bagi masyarakat mengingat peralatan yang digunakan sama seperti saat manggung.

“Kalau manggung kan masyarakat yang datang, nah obrog ini kami yang datang untuk membangunkan sahur sekaligus menghibur,” kata Diana Sastra.

Bagi Diana, obrog juga menjadi sarana untuk menemani dan menyemangati masyarakat bersantap sahur. Tradisi obrog itu, dilaksanakan setiap hari selama Ramadhan dari mulai pukul 01.00 WIB hingga pukul 02.30 WIB.

BACA JUGA: Butuh Perda Pelestarian Budaya dan Bahasa, Teguh: Kekayaan Budaya Kabupaten Cirebon Harus Dilindungi

“Obrog juga bisa dibilang menjadi sarana ibadah bagi kami para seniman untuk mengingatkan warga melaksanakan sahur,” terang Diana Sastra.

Adapun rute obrog hanya sekitar Desa Megugede yang merupakan tempat tinggalnya. Nantinya, ia akan berkeliling ke tiap RT dan RW secara bergantian. Setelah selesai berkeliling, sejumlah warga yang ikut ngobrog pun kembali ke rumahnya masing-masing. Sementara Diana beserta para penyanyi lainnya dan kru obrog menikmati santap sahur bersama di kediaman Diana Sastra. (Islah)

Comment