by

Pemerintah Desa Sindangjawa Apresiasi Vaksinasi dari Polresta

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintah Desa Sindangjawa, Kecamatan Dukupuntang mengapresiasi giat vaksinasi Covid-19, khususnya dosis booster yang dilakukan oleh jajaran Polresta Cirebon.

“Saya atas nama Pemerintah Desa dan secara pribadi mengucapkan banyak terimakasih kepada jajaran Polri yang sudah membantu warga kami untuk menguatkan imun tubuh dalam menjaga kesehatannya,” kata Kuwu Sindangjawa, E. Kasturi, Jumat (8/4).

Kuwu Kasturi menambahkan, insya Allah dengan imun kuat akan lebih terjaga kesehatannya dan aktivitas masyarakat akan normal lagi. Dengan normal kembali ketahanan ekonomi juga insya Allah akan membaik.

BACA JUGA: Pemdes Sindangjawa Laksanakan WCD

Kuwu Kasturi menyebut, capaian vaksinasi di Desa Sindangjawa untuk dosis kesatu dan kedua mencapai 83 persen dan sisanya ini komorbid serta yang merantu jadi sulit memantaunya. Sedangkan untuk dosis ketiga baru mencapai 9 persen.

“Kami Pemerintah Desa selalu menyosialisasikan kegiatan-kegiatan vaksinasi ini karena vaksinasi bukan hanya didatangin seperti ini saja, seperti di Polres itu buka layanan vaksinasi setiap hari, Kodim dan Puskesmas juga membuka layanan vaksinasi. Jadi selalu kami imbau dan memberikan edukasi kepada masyarakat,” katanya.

Kapolsek Dukupuntang AKP. Afandi menjelaskan, kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan di wilayah Kecamatan Dukupuntang khusunya pada malam lalu, dilaksanakan di dua desa yaitu Desa Sindangjawa dan Desa Girinata.

BACA JUGA: Pemdes Sindangjawa Lakukan Bimtek

“Kita tiap malam melakukan vaksinasi ini karena ada kebijakan dari Pemerintah Pusat melalui Kapolri dan ditindaklanjuti di bawah, dimana kegiatan vaksinasi yang khususnya dosis ketiga atau booster diperuntukan bagi masyarakat yang vaksin dosis kesatu dan kedua itu diwajibkan dosis ketiga,” katanya.

Kapolsek Afandi menerangkan, alasannya, untuk supaya daya tahan tubuh lebih kuat menghadapi Lebaran yang akan datang. Karena tidak menutup kemungkinan Lebaran yang akan datang ini pemerintah sudah membuka, karena diperbolehkan untuk mudik.

“Akan tetapi dengan catatan pemudik itu harus sudah vaksin dosis ketiga, sesuai petunjuk dari pemerintah kalau yang belum di-booster ketika nanti kita melaksanakan operasi ketupat  di Pospam itu akan dilakukan penjaringan bagi pemudik kalau belum yang divaksin ketiga diwajibkan vaksin di tempat,” ujarnya.

BACA JUGA: Pemdes Sindangjawa Cirebon Berbagi Rantang Cinta Ramadhan

Nanti, lanjutnya, akan disiapkan tim vaksinator di Pospam sesuai dengan instruksi untuk melaksanakan vaksinasi bagi para pemudik, termasuk juga masyarakat lokal karena dari instruksi pemerintah itu booster atau dosis ketiga ini minimal untuk wilayah Jawa Barat itu harus 30 persen.

Sementara untuk wilayah Kecamatan Dukupuntang dosis 1 mencapai 96 persen, dosis kedua 90 persen dan untuk dosis ketiga  belum mencapai target.

“Oleh karenanya, terus menggenjot  sesuai instruksi harus kita laksanakan walaupun vaksinasi dilakukan pada malam hari,” tandasnya.

BACA JUGA: Pemkab Cirebon Genjot Vaksinasi di Safari Ramadhan

Kapolsek Afandi juga menerangkan alasan dilakukan pada malam hari, karena kegiatan pagi hari masyarakat puasa dan beraktivitas. Sebab beraktivitas ketika puasa berbeda dengan hari-hari biasanya.

“Saya berharap kepada semua masyarakat khusunya Kecamatan Dukupuntang agar ada keinginan atau kesadaran diri mengikuti vaksinasi bagi warga yang belum divaksin dosis ketiga untuk mendatangi tempat-tempat vaksinasi, karena kalau kita sudah divaksin dosis ketiga insya Allah imun pada tubuh kita akan kuat,” pungkasnya. (Vicky)

Comment