by

Nelayan Curhat Solar Susah Didapat ke Jokowi

KABUPATEN CIREBON, SC- Nelayan Desa Bandengan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, memanfaatkan kunjungan Presiden RI, Joko Widodo untuk menyampaikan aspirasi dan keluhan sejumlah persoalan yang mereka hadapi. Dua keluhan utama yang disampaikan kepada Presiden yakni terkait pendangkalan sungai dan kesulitan mendapatkan solar.

“Saya memohon kepada Bapak Presiden, agar solar bisa didapatkan dengan mudah, tidak seperti saat ini,” kata Wandi, salah seorang nelayan Bandengan yang didatangi rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (13/4/2022).

Tak hanya Wandi, sejumlah nelayan lainnya pun rata-rata mengeluhkan hal yang sama. Presiden Jokowi yang dalam kunjungan di Desa Bandengan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon itu didampingi sejumlah menteri, Gubernur Jawa Barat dan Bupati Cirebon pun langsung merespons.

BACA JUGA: Sepekan Ramadhan, Harga daging hingga Cabai Naik

Gubernur Jawa Barat, H. M. Ridwan Kamil mengatakan, Presiden akan segera menyelesaikan permasalahan yang dialami para nelayan Desa Bandengan dan sekitarnya.

Terkait pendangkalan sungai, menurut Ridwan Kamil, Presiden sudah menginstruksikan langsung kepada Menteri PUPR yang juga ikut dalam kunjungan tersebut. Presiden meminta sungai yang mengalami pendangkalan untuk langsung dilakukan pengerukan.

“Terkait pendangkalan, Presiden sudah meminta kepada PUPR untuk melakukan pendalaman (pengerukan) dan pembersihan sungai,” kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

BACA JUGA: Kunjungi Cirebon Jokowi Bagikan Bansos

Sedangkan untuk masalah sulitnya mendapatkan BBM solar, lanjut Emil, Presiden juga sudah meminta kepada Menteri BUMN untuk bisa membangun stasiun pengisian bahan bakar nelayan (SPBN) di Desa Bandengan.

“Sehingga nanti tidak antre dengan yang ada di darat,” jelas Emil.

Sementara itu, Bupati Cirebon, H Imron, menyampaikan terima kasihnya kepada Presiden atas beberapa solusi yang akan diberikan dalam permasalahan yang dihadapi oleh para nelayan.

BACA JUGA: PT Pos Salurkan BLT pada 3,2 Juta Warga Jabar

Imron mengatakan, Presiden sudah berjanji akan menindaklanjuti dua masalah yang disampaikan oleh para nelayan tersebut, yaitu terkait pengadaan solar dan pendangkalan.

“Pak Presiden sudah berjanji akan menindaklanjuti keluhan yang disampaikan oleh para nelayan,” katanya. (Islah)

Comment