by

PT Pos Salurkan BLT pada 3,2 Juta Warga Jabar

KABUPATEN CIREBON, SC- Kementerian Sosial (Kemensos) RI kembali menunjuk PT Pos Indonesia (Persero) untuk menyalurkan bantuan sosial (bansos). Kali ini berupa bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng senilai Rp 100 ribu per bulan yang diberikan sekaligus untuk tiga bulan, yakni April, Mei dan Juni.

Sehingga, total bansos yang diterima keluarga penerima manfaat (KPM) selama tiga bulan tersebut senilai Rp 300 ribu. Selain itu, PT Pos Indonesia juga ditunjuk untuk menyalurkan Bantuan Sembako Tunai (BST) sebesar Rp 200 ribu untuk bulan Mei. Dari dua jenis bansos tersebut, total bantuan yang diterima masyarakat mencapai Rp500 ribu.

Executive Vice President (EVP) PT Pos Indonesia Regional III, Pujiati B, mengatakan untuk wilayah Jawa Barat pihaknya bertugas menyalurkan BLT dan BST kepada 3,2 juta penerima. Jumlah tersebut termasuk bantuan yang diberikan Presiden RI Joko Widodo di Kota Cirebon, yakni di Pasar Harjamukti dan Pasar Kanoman pada Selasa (13/4/2022).

BACA JUGA: Kunjungi Cirebon Jokowi Bagikan Bansos

Namun untuk skala nasional, PT Pos Indonesia menjadi penyalur BLT untuk 20,65 juta warga.

“Kami mendapat tugas untuk menyalurkan BLT minyak goreng selama tiga bulan dan BST selama satu bulan. Namun, penyalurannya dilakukan sekaligus dan masyarakat akan menerima Rp 500 ribu,” kata dia.

Pujiati menerangkan, BLT minyak goreng dan BST yang diberikan Presiden Jokowi hari ini (kemarin) adalah untuk 100 penerima di Pasar Harjamukti dan 100 penerima di Pasar Kanoman, Kota Cirebon. Ia menambahkan, PT Pos Indonesia akan menerapkan tiga metode dalam penyaluran BLT minyak goreng dan BST kepada KPM. Di antaranya melalui Kantor Pos, komunitas, dan disalurkan langsung ke rumah KPM alias door to door.

BACA JUGA: Kertawinangun Lakukan Verval Tambahan DTKS

“Penyaluran dengan cara door to door dikhususkan kepada KPM yang termasuk kalangan lansia. Karena mereka tidak dapat datang langsung ke Kantor Pos untuk mengambil bantuan tersebut,” ungkapnya. (Islah)

Comment