by

Cegah Stunting, Ono Surono Sosialisasi Gemarikan

KABUPATEN CIREBON, SC – Anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono, mengajak masyarakat gemar makan ikan sebagai salah satu upaya dalam mencegah stunting dan gizi buruk di lingkungan keluarga.

Hal itu dikemukakan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI tersebut, saat menggelar Perluasan Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Desa Mundu Pesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Minggu (17/4/2022).

“Persoalan stunting tak bisa hanya diserahkan kepada pemerintah karena kompleksnya masalah ini, melawan stunting utamanya membutuhkan kesadaran kita semua tentang asupan bergizi bagi anak-anak kita,” ujar Ono.

BACA JUGA: Demokrat Ajak Milenial Bangun Literasi Politik

Dalam kegiatan yang dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Cirebon, pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan, anggota DPRD Jabar, Bambang Mujiarto, Camat Mundu, Kapolsek Mundu, Danramil Astanajapura, Kuwu Mundu Pesisir tersebut, Ono menjelaskan, Gemarikan merupakan salah satu program yang ia gagas dengan tujuan mengajak masyarakat gemar makan ikan dan produk makanan olahan berbahan ikan.

“Ikan dan makanan olahan berbahan ikan itu penuh gizi kompleks, dengan protein tinggi dan sangat bergizi. Mari kita kampanyekan agar masyarakat gemar makan ikan. Makan ikan itu sehat dan dapat mencegah stunting,” kata Ono.

Menurut Ono, ikan memiliki kandungan protein yang tidak kalah hebatnya dengan daging ayam maupun sapi. Ikan juga kaya asam lemak omega-3 yang dapat memicu pertumbuhan dan perkembangan otak.

BACA JUGA: Kisruh Internal Budaya Lama DPC PKB

“Sebagai produsen daerah ikan, Kabupaten Cirebon khususnya di pantura, saya menyarankan kepada ibu hamil dan anak-anak untuk mengonsumsi ikan. Saya berharap selain sosialisasi makan ikan harus terus ditingkatkan, kemudian partisipasi pemerintah daerah terhadap penanganan stunting ini juga bisa berjalan maksimal,” ujarnya.

Ono menjelaskan, kasus stunting menjadi perhatian kader PDIP khususnya dirinya. Pasalnya, lanjut Ono,  stunting merupakan salah satu ancaman besar bagi kehidupan bangsa ini karena akan membuat generasi di era Indonesia Emas pada 2045 sulit bersaing dengan bangsa lain.

“Saya sangat peduli dengan masyarakat Kabupaten Cirebon. Oleh karena itu, saya akan terus menggalakkan agar masyarakat gemar makan ikan yang dapat mencegah stunting,” tegasnya.

BACA JUGA: PKS Dorong UMKM Naik Level, Buka Akses CSR Perusahaan Besar Bantu Promosi Ekraf

Pada kesempatan tersebut, Ono sekaligus  menyalurkan bantuan makanan olahan (berbahan) ikan kepada masyarakat Desa Mundu Pesisir. Sebanyak 500 paket makanan olahan ikan dibagikan kepada masyarakat yang ada di daerah pemilihannya itu.

“Kami selaku anggota Komisi IV DPR RI menginisiasi Kementerian Kelautan dan Perikanan, sebanyak 500 paket diberikan kepada masyarakat desa Mundu Pesisir,” kata Ono.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Cirebon, H Imron mengaku sangat mengapresiasi upaya Ono Surono yang tidak hanya mengampanyekan gemar makan ikan, tapi juga memberikan pemahaman agar para nelayan di Kabupaten Cirebon lebih berdaya.

BACA JUGA: PIA DPR Fraksi Partai NasDem Bagikan Sembako di Desa Panongan

“Rutinitas aktivitasnya harus diubah. Tidak hanya menangkap ikan lalu menjualnya saja. Tapi harus bisa mengolahnya, sehingga hasil tangkapannya memiliki nilai lebih,” ujar Bupati Imron.

Dengan mengolah hasil tangkapan, Imron menyakini, nelayan akan mendapat penghasilan lebih banyak.

“Kita arahkan agar bisa melakukan pengolahan ikan. Sehingga, ikan-ikan yang mereka tangkap itu, nantinya bernilai lebih, bisa menyejahterakan nelayan,” pungkasnya. (Baim)

Comment