by

DPRD Kota Cirebon Dorong Wali Kota Realisasikan CORR

KOTA CIREBON, SC- Komisi II DPRD Kota Cirebon mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon agar secepatnya merealisasikan pembangunan jalan lingkar atau Cirebon Outer Ring Road (CORR). Pasalnya rencana pembangunan CORR tersebut, sudah sangat teramat lama. Komisi II berharap Wali Kota Cirebon saat ini dapat merealisasikan pembangunan CORR tersebut.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi II DPRD Kota Cirebon, Watid Shariar di depan Wali Kota Cirebon, H Nashrudin Azis saat rapat kerja di gedung Griya Sawala DPRD, Kamis (21/4/2022).

“Kami berharap di sisa masa jabatan Wali Kota saat ini Pak Azis bisa memulai pembangunan CORR. Karena CORR sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Selain itu pembangunan CORR ini sudah lama direncanakan,” kata Watid.

BACA JUGA: Penundaan Perubahan AKD DPRD Kota Cirebon Bukan Soal Jatah

Untuk percepatan pembangunan CORR, Watid memastikan, Komisi II akan sangat terlibat termasuk mendorong pematangan kajian hingga skema pendanaan.

“Pembahasan rencana CORR ini akan kami lanjutkan sehabis lebaran nanti,” ujar politisi NasDem itu.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Azis menyampaikan, banyak kendala yang menjadi penyebab pembangunan CORR belum terealisasi. Beberapa kendala itu, di antaranya kebutuhan ketersediaan anggaran yang tergolong besar. Sebab, selain membangun jalan lingkar, terlebih dahulu diperlukan pembebasan lahan yang tak sedikit nilainya.

“Tapi dorongan dan dukungan dari DPRD menjadi pelecut semangat untuk kita bersama-sama mengupayakan realisasi rencana pembangunan CORR,” kata Azis.

BACA JUGA: Rapat Perubahan AKD Ditunda, Empat Fraksi di DPRD Kota Cirebon Belum Pernah Dapat Posisi Strategis

Diakui Azis, pembangunan CORR sudah direncanakan beberapa tahun lalu bahkan sebelum dirinya menjadi Wali Kota Cirebon. Namun, karena banyak kendala, pembangunan CORR pun belum dapat terwujud.

“Perencanaanmya sejak era Wali Kota Pak Subardi. Karena ada beberapa kendala pembangunan CORR belum juga terwujud,” pungkasnya.

Selain dihadiri Wali Kota Cirebon, hadir mendampingi Azis, Kepala DPUTR Irawan Wahyono dan Kepala BPKPD Syaroni, serta hadir juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Agus Herdhyana dan Staf Ahli Wali Kota Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Agung Sedijono. (Surya)

Comment