2. Menelan rasa makanan yang tersisa di mulut ketika puasa.
Ibnu Utsaimin menyatakan, rasa makanan yang tersisa di mulut wajib diludahkan dan tidak boleh ditelan. (Asy-Syarh al-Mumti’ 6/428)24
3. Menelan rasa yang tersisa setelah bersiwak atau mmenggosok dengan pasta gigi ketika puasa.
Ibnu Utsaimin berpendapat ianya wajib diludahkan dan membatalkan puasa jika ditelan dengan sengaja. (Majmu’ ar-Rasa’il 19/352-354)
4. Menelan darah (yang bersumber dari rongga mulut atau hidung) ketika puasa.
Ibnu Qudamah dan Ibnu Utsaimin menegaskan supaya dikeluarkan dan tidak boleh menelannya.
Jika dia menelannya, puasanya batal. (Al-Mughni 4/355 & Asy-Syarh al-Mumti’ 6/429)
5. Menelan dahak ketika puasa.
Jika dahak turun ke kerongkong tanpa melalui mulut dan tertelan, hal ini tidak membatalkan puasa meskipun terasa ketika tertelan, sebab dahak tersebut tidak sempat masuk ke rongga mulut.
Jika dahak tersebut mengalir turun dan masuk ke rongga mulut orang yang berpuasa, pendapat yang benar adalah tidak boleh ditelan dan harus diludahkan, jika ditelan membatalkan puasa.
Ini adalah pendapat al-Imam asy-Syafi’i dan salah satu riwayat dari al-Imam Ahmad.