by

12 Tahun Embung Bocor

Tak Bisa Maksimal Alirkan Air, Rehabilitasi Embung Sarwadadi Butuh Rp18 M

TALUN, SC- Daya tampung embung di Desa Sarwadadi, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon bisa mencapai Rp125 ribu meter kubik air. Sayang, kapasitas embung sebesar itu ternyata masih belum mampu memenuhi ekspektasi, karena tidak bisa memenuhi kebutuhan air bagi petani saat musim kemarau.

Wakil ketua Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon, H Khanafi SH mengatakan, seharusnya kubikasi sebanyak itu bisa memenuhi kebutuhan air untuk lahan pertanian di Kecamatan Talun. Namun, pada kenyataannya, untuk kebutuhan air di pesawahan Desa Sarwadadi saja tidak mencukupi.

BACA JUGA: Pembahasan Perbup Honorer Alot

“Harusnya satu kecamatan talun ini kebutuhan airnya bisa terpenuhi dari embung Sarwadadi. Harapannya begitu, ada asas manfaat,” kata Khanafi SH, Rabu (26/2).

Namun diketahui, kondisi itu terjadi karena embung mengalami kebocoran sekira 12 tahun lamanya. Untuk dilakukan perbaikan, membutuhkan anggaran hingga Rp18 miliar. Sedangkan bantuan anggaran sendiri baru ada Rp4 miliar. Untuk itu pihaknya akan melakukan kerjasama dengan Komisi III DPRD agar ada bantuan untuk rehab lanjutan. 

Comment