by

IDI Ungkapkan Kendala Penangan Covid 19

Honda Cirebon

MAJALENGKA, SC- Ada sejumlah kendala yang dihadapi  dalam penanganan virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Majalengka. Seperti diungkapkan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang  Majalengka.

Ketua IDI Cabang Majalengka, dr Hj Erni Harleni, dalam rilisnya mengungkapkan,kendala yang dihadapi  cukup beragam mulai peralatan kesehatan (Alkes) dan lainnya.

Sohib Suzuki Cirebon

“Misalnya dalam menentukan kriteria pasien dalam pengawasan (PDP) itu memerlukan sarana perawatan, transportasi dan kelengkapan menuju rumah sakit rujukan. Dan itu di Majalengka sangat minim,” ungkapnya, Selasa (24/3/2020).

Menurut Erni, permasalahan lainnya terkait kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) di semua fasilitas pelayanan kesehatan yang ada. Tak hanya itu, kecepatan dalam pemeriksaan laboratorium Covid-19 untuk memastikan tindak lanjut pasien menjadi masalah.

“Kendala lainnya, terbatasnya tempat tidur isolasi Covid-19 di RS di Majalengka dan tidak efektifnya call centre Covid-19 yang ada saat ini,”ujarnya.

BACA JUGA: Kemenag Imbau Warga Tak Gelar Resepsi

Menurut dia, saat ini juga diperlukan tindak lanjut pasien setelah ditetapkan statusnya, sehingga tidak menginfeksi orang yang berada di sekitarnya. Termasuk diperlukannya koordinasi yang baik antara PKM, Dinas Kesehatan Kabupaten, RS dan laboratorim kesehatan daerah (Labkesda).

“Diperlukan juga koordinasi yang baik antara Dinkes Majalengka, RS, laboratorium rujukan yang telah ditunjuk Dinkes Provinsi Jabar. Karena saat ini masih minim,”jelasnya.

Lakukan Penyemprotan

Sementara itu, upaya pencegahan penyebaran virus Corona mulai dilakukan oleh elemen masyarakat  secara mandiri. Di antara ormas di Kabupaten Majalengka yang mulai  melakukan pencegahan bersama-sama dengan masyarakat lainnya adalah Pemuda Pancasila. Bersama dengan warga setempat PAC Pemuda Pancasila Kadipaten melakukan penyemprotan disinfektan di rumah dan lingkungan di wilayahnya.

BACA JUGA: Kapolres Imbauan Antisipasi Covid-19

Ketua Majelis Pertimbangan Cabang (MPC)  Pemuda Pancasila Majalengka Enter Nizar  mengatakan, penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh PAC Kadipaten  merupakan bentuk dukungan terhadap upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah.’Pemerintah sudah bekerja keras untuk melakukan pencegahan penyebaran virus Corona,khususnya di Kabupaten Majalengka. Pemuda Pancasila akan selalu berperan secara aktif terhadap setiap upaya yang dilakukan oleh pemerintah,khususnya dalam pencegahan dan penanganan virus Corona di Majalengka ini,”katanya. (Dins)

Comment

News Feed