by

DLH Terima Bantuan Pengelolaan Limbah

MAJALENGKA, SC- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Majalengka mendapat bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, berupa sarana dan prasarana pendukung penanganan dan pengelolaan sampah atau limbah infeksius akibat pendemic covid-19.

Secara simbolis bantuan sarana pendukung kebersihan diserahkan Sekda Majalengka H. Eman Suherman kepada perwakilan kelompok dan elemen  penerima  bantuan lainnya di aula kantor DLH, Jumat (27/11/2020).

Menurut Sekda, bantuan sarana dan prasarana pendukung penanganan dan pengelolaan sampah atau limbah infeksius akibat pendemic covid-19 berasal dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Bantuan yang kemudian didistribusikan kepada kelompok masyarakat serta penerima lainnya  merupakan aspirasi dari anggota Komisi IV DPR RI H. Sutrisno.

“Bantuan ini berasal dari Kementerian LHK untuk membantu masalah sampah serta limbah di Kabupaten Majalengka. Turunnya bantuan ini tentunya memerlukan proses serta adanya dorongan dari anggota DPR RI asal Majalengka, H. Sutrisno. Saya ucapkan terima kasih pada H. Sutrisno yang  telah membantu turunnya bantuan ini,” katanya.

Sekda berharap bantuan  yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam penanganan sampah di Kabupaten Majalengka. ”Selain  juga  yang  tak kalah penting bagaimana sampah ini  juga bermanfaat secara ekonomi pada masyarakat,” ucapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Hj Nadisha Hanna Haritztin mengatakan, bantuan  dari Kementerian LHK tak hanya diberikan pada dinas yang dipimpinnya. Melalui DLH Majalengka bantuan diberikan pada  sejumlah lembaga sekolah, pasar, kelompok masyarakat,serta desa/kelurahan di Kabupaten Majalengka.

”Bantuan mesin press sampah plastik, kertas diberikan pada kelompok rongsokan Ronting Mas, Kecamatan Rajagaluh.Sedangkan bantuan dalam bentuk gerobak sampah diberikan pada sejumlah desa dan pasar,” katanya.

Selain itu bantuan lainnya seperti pencacah sampah organic diberikan pada Karang Taruna  Kecamatan Lemahsugih. “Ada juga bantuan APD yang salah satunya diberikan pada Puskesmas Sumberjaya,” jelasnya.

BACA JUGA: Percantik Pusat Pemerintahan, DLH Kabupaten Cirebon Pasang Lampu Taman

Sementara itu anggota Komisi IV DPR RI asal Majalengka H. Sutrisno mengatakan bantuan diharapkan dapat mengurangi permasalahan sampah di Kabupaten Majalengka. Karena  kebersihan lingkungan menjadi aspek penting dari kegiatan masyarakat sehari-hari.

“Semata-mata ini kepedulian saya sebagai anggota DPR RI yang kebetulan putra daerah, semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat,”katanya. (Dins)

Comment