by

Penerima UMKM Pabuaran Lor Sesuai Aturan

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintah Desa (Pemdes) Pabuaran Lor, Kecamatan Pabuaran, Kabupten Cirebon, membantah adanya pungutan liar (Pungli) di dalam pencairan dana Bantuan Presiden Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal itu disampaikan Kuwu Pabuaran Lor, Heri Castari saat memberikan keterangan di depan awak media, Rabu (02/12/2020) lalu.

Heri menegaskan, pihak Pemdes telah memastikan dan menginstruksikan kepada semua jajarannya untuk membantu masyarakat dalam segala proses administrasi untuk mendapatkan dana bantuan UMKM dari pemerintah dengan tidak melakukan Pungli di dalam pengurusan maupun saat pencairan dan dipastikan masyarakat penerima dana UMKM menerima bantuan secara utuh yakni Rp 2,4 juta.

“Karena dana UMKM itu diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada masyarakat terdampak Covid 19 bagi pelaku usaha atau pedagang untuk mendongkrak ekonomi masyarakat,” tandas Heri.

Ini menjadi  komitmen Pemdes dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, terlebih ditengah Pandemi Covid-19, pihaknya selalu menekankan kepada semua jajarannya sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat harus betul-betul maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kondisi saat ini, dimana masyarakat secara ekonomi pastinya terdampak, dengan adanya berbagai bantuan dari pemerintah yang diterima masyarakat ini tentunya sangat membantu meringankan beban ekonomi keluarga.

“Saya merasa prihatin dan terpukul, dengan adanya kabar yang mengatakan bahwa adanya pungutan di saat pencairan dana UMKM itu,” ujarnya.

Usai memberikan keterangan kepada media, Kuwu Heri didampingi Bhabinkamtibmas dan Babinsa desa setempat serta awak media turun langsung kepada warga penerima bantuan UMKM, untuk memastikan  kembali  bantuan UMKM yang diterima masyarakat sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ditetapkan.

“Alhamdulillah ratusan warga pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Desa Pabuaran Lor telah mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Koperasi dan UMKM sebesar Rp 2,4 juta,” tegasnya.

BACA JUGA: Dinkop Berdayakan UMKM melalui Pelatihan e-Commerce

Pemdes mengimbau kepada warga penerima BPUM bahwa dana yang  diterima agar dimanfaatkan dengan bijak untuk menambah modal usaha, semoga bantuan dari pemerintah dapat bermanfaat khususnya bagi warga Pabuaran Lor.

Sementara salah satu penerima UMKM Riski Fauziah, Dirinya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemdes Pabuaran Lor yang telah mengawal dan melayani warga dengan baik, terlebih di dalam bantuan UMKM ini. (Baim)

Comment