by

Pemkot Pastikan Gudang Penyimpanan Vaksin Covid-19 Siap

KOTA CIREBON, SC- Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon memberikan kepastian vaksin Covid-19 akan tiba di Kota Cirebon, Rabu (27/1/2021) hari ini. Hal tersebut disampaikan Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kota Cirebon, Agus Mulyadi kepada Suara Cirebon di sela pekerjaannya.

“Vaksin Covid besok (hari ini, red) datang, untuk kesiapan kami satgas sudah menyiapkan tempat penyimpanannya, pasti aman,” kata Agus, di Balai Kota Cirebon, Selasa (26/1/2021).

Agus menegaskan, penyuntikan vaksin diutamakan pada tenaga kesehatan (nakes) di Kota Cirebon. Selain nakes, akan dipilih dari kalangan Forkopimda.

“Nanti yang pertama divaksin ini ada tokoh agama maupun tokoh masyarakat yang telah ditentukan.  Nanti yang menentukan Dinkes, jadi tidak hanya nakes saja penyuntikan vaksin tahap pertama ini,” ungkap Agus.

Terpisah, Kepala Dinkes Kota Cirebon, dr Edy Sugiarto menyampaikan, vaksin Covid-19 yang akan dikirim sebanyak 4.600 dosis untuk 2.300 orang dengan prioritas nakes.

“Karena mereka adalah garda terdepan penanganan pandemi Covid-19 yang harus diutamakan. Vaksin itu harapan kita, semoga lancar,” ungkap Edy.

Namun sebelum pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Edy tetap meminta kepada masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan disiplin.

“Menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker dan menghindari kerumunan merupakan hal yang wajib dilakukan masyarakat selama pandemi Covid-19 ini,” kata Edy.

Mengenai kapan proses vaksinasi Covid-19 dilakukan, Edy mengungkapkan, hal tersebut sedang dikoordinasikan. Menurutnya, jika sudah ditetapkan kapan vaksinasi Covid-19 dilakukan, maka pada H-1 atau sehari sebelum pelaksanaan, vaksin-vaksin tersebut akan dikirimkan ke tempat pelaksanaan vaksinasi.

“Kita rencananya pelaksanaan vaksin pertama ini di Puskesmas kesambi dan RSD Gunung Jati Cirebon, bismillah semoga lancar,” tandasnya.

BACA JUGA: Terbatas Anggaran, Sewa Hotel Langensari tak Diperpanjang

Terpisah, Kepala UPT Farmasi, Eva Susanti, menjelaskan pihaknya telah siap untuk menerima vaksin.

“Di gudang logistik vaksin sudah disiapkan 5 freezer atau cold chain, satu cold chain bisa memuat hingga 10 ribu vaksin. Namun karena dikemas box, jadi bisa muat 7 ribu vaksin,” kata Eva.

Menurut Eva, cold chain tetap dijaga sesuai ketentuan, sehingga vaksin akan terjaga pada suhu dingin yang ditetapkan yakni suhu udara 2-80 Celcius. (Surya)

Comment