by

Satlantas Rapid Test Antigen Pengendara Luar Cirebon

KOTA CIREBON, SC- Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Cirebon Kota melakukan rapid test antigen kepada sejumlah pengendara, saat momen libur panjang akhir pekan (long weekend), Kamis-Sabtu (11-13/2/2021). Hal itu dilakukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 pada klaster wisatawan yang ingin berkunjung ke Kota Cirebon.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Imron Ermawan melalui Kasatlantas Polres Cirebon Kota, AKP La Ode Habibi Ade Jama, pelaksanaan rapid test antigen tersebut berdasarkan perintah dari Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit, untuk membantu pencegahan Covid-19 dan menjalankan instruksi Mendagri Nomor 3 tahun 2021 tentang Pembentukan Posko PPKM Skala Mikro.

“Pengadaan rapid test antigen yang dilakukan oleh Satlantas Polres Cirebon Kota, telah berjalan 3 hari berturut-turut (Kamis-Sabtu). Sasarannya adalah seluruh pengguna jalan yang terjaring, kami random saja. Kebetulan menyambut hari libur atau weekend, kami menjaring khususnya kendaraan yang bernopol luar Cirebon yang akan berlibur ke Kota Cirebon,” kata Habibi kepada Suara Cirebon, Sabtu (13/2/2021).

Rapid test antigen tersebut, menurut Habibi, dilakukan secara gratis tanpa pungutan biaya sepeserpun. Hal itu dilakukan pihaknya agar para pengendara bisa kooperatif dan mau untuk mengikuti kegiatan rapid test antigen tersebut.

“Untuk pelaksanaan di Poslantas Tangguh atau Pos Grage, jadi kami melaksanakan rapid test secara random dan gratis tanpa dipungut biaya sesuai instruksi dari Korlantas, bagi pengendara yang melintas di area pos tersebut,” imbuhnya.

Habibi menambahkan, rapid test antigen itu dilakukan untuk membantu mengetes, mencari dan juga memberikan informasi kepada Pemerintah Kota Cirebon terkait hasil dari tes tersebut, sehingga memudahkan Tim Gugus Tugas Covid-19 setempat dalam melacak klaster terbaru.

“Jadi hasilnya langsung kita laporkan kepada gugus tugas untuk hasil penjaringan rapid test ini. Sampai hari Sabtu, semua negatif, memang kemarin ada dua yang reaktif namun masih samar, kami langsung menyerahkan hasilnya, sudah ditembuskan ke gugus tugas tempat tinggal sesuai KTP masing-masing pengendara,” ujarnya.

BACA JUGA: Petugas Gabungan Gencar Edukasi Penerapan Prokes

Habibi mengatakan, sejumlah pengendara yang telah melakukan rapid test antigen itu bisa kooperatif dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran Satlantas Polres Cirebon Kota yang telah melakukan rapid test antigen.

“Jadi untuk pendaftaran rapid test antigen, peserta menunjukkan KTP dan mengisi blangko. Kemudian kita catat dan hasilnya diserahkan ke wilayah pengendara masing-masing untuk segera ditindaklanjuti.

Beberapa pengendara memang  berterima kasih,” pungkasnya. (Yusuf)

Comment