by

Desa Argamukti Nol Kasus Covid-19

MAJALENGKA, SC- Pandemi Covid -19 sudah berlangsung hampir setahun,namun ternyata tidak semua daerah ada warganya yang terdampak atau dinyatakan positif Covid-19. Seperti  yang  terjadi di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka.

Padahal, Kabupaten Majalengka sempat masuk dalam katagori zona merah atau hampir semua kecamatan tercatat ada warga terpapar Covid-19.Bahkan di wilayah Kecamatan Argapura ada warga yang dilaporkan meninggal akibat Covid-19.

Meski berada sisi barat kaki Gunung Ciremai,desa yang memiliki sejumlah obyek wisata ini termasuk daerah yang penduduknya cukup padat. Dan hampir setiap pekan cukup banyak orang dari luar desa yang datang berkunjung, termasuk dari luar Kabupaten Majalengka untuk menikmati keindahan alam di kawasan Desa Argamukti.

“Alhamdulillah Desa Argamukti masuk  zona hijau, sejak awal pandemi Maret 2020 sampai sekarang sudah hampir setahun belum ada warga kami yang terpapar Covid-19, semuanya sehat,”ungkap Kepala Desa Argamukti, Ade Umbara.

Dia mengatakan, nol kasus ini merupakan hasil dari upaya yang dilakukan semua elemen  untuk mencegah Covid-19 masuk ke dalam wilayahnya. Sejak awal muncul pendemi ,Maret 2020  , pihaknya  berkolaborasi dengan tokoh agama, PKK, sesepuh, pengurus RT/RW, Babinsa, Bhabinkamtibmas  dan Puskesmas bergerak cepat untuk mengantisipasi virus Corona.

“Nol kasus ini  berkat kerjasama yang dilakukan dengan mengaktifkan posko penanganan Covid-19 dari sejak terjadi pendemi,” katanya.

BACA JUGA: Personel Polres Lakukan Swab Anti Gen

Kemudian menanamkan kesadaran warga akan bahaya virus Covid-19,dan disiplin menjalan protocol kesehatan setidaknya melaksanakan 3M.

Langkah selanjutnya bersama bidan desa mendata transmisi masyarakat yang keluar daerah, terutama yang baru dating dari daerah zona merah.Hal itu dilakukan untuk berjaga-jaga dan mencegah penyebaran Covid-19. ”Bila warga datang dari zona merah ,kami meminta untuk melakukan isolasi mandiri,” jelasnya. (Dins)

Comment