by

Pelayanan Kargo Bantu Pemulihan Ekonomi

MAJALENGKA, SC- Pelayanan kargo diharapkan dapat menjadi hal penting dalam memulihkan ekonomi Jawa Barat di saat pendemi. Hal itu disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat melepas penerbangan perdana pesawat kargo dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka menuju Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (23/2/2021).

Dikatakannya, layanan penerbangan kargo tersebut merupakan kerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia. Kang Emil sapaan akrabnya mengatakan, kerja sama yang dibangun antara Pemprov Jabar dan Garuda Indonesia merupakan bagian dari upaya penyelamatan keadaan ekonomi nasional, khususnya Jabar dalam masa pandemi Covid-19.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Garuda Indonesia yang telah bersedia bekerja sama membuka layanan penerbangan kargo meski secara perhitungan bisnis saat ini tidak begitu menjanjikan,” ungkapnya.

Meski demikian, lanjutnya, pihaknya optimistis dengan dimaksimalkannya layanan penerbangan kargo di BIJB atau dikenal Bandara Kertajati ini akan mempercepat pemulihan ekonomi di Jabar. Dan pihaknya menargetkan pada akhir tahun 2021 perekonomian mulai stabil.

“Tahap satu ini, kita masih mengencangkan ikat pinggang karena Covid-19. Tahap dua nanti setelah vaksinasi sukses, semoga semua akan kembali normal, pergerakan orang dilonggarkan,”jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kang Emil meminta kepada Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jabar untuk menginventarisasi perusahaan yang menggunakan layanan kargo di dalam negeri maupun ekspor dan impor supaya menggunakan layanan kargo di BIJB.

“Pada Kadin saya instruksikan melobi perusahaan agar layanan kargo yang masih menggunakan bandara lain dipindahkan ke BIJB,” pungkasnya.

BACA JUGA: Ditabrak dari Belakang, Mobil Terjun dari Tol Cipali

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengungkapkan, penerbangan kargo di Bandara Kertajati penting bagi Garuda Indonesia. Pada penerbangan tahap satu ini disiapkan pesawat Boeing 737 800 NG dengan kapasitas angkut 7 ton sehingga dapat mengoptimalisasi penerbangan kargo.

“Kami  berharap ini bukan penerbangan pertama dan satu-satunya dari Kertajati, kami akan meneruskan komitmen menumbuhkan perekonomian di Jawa Barat,” ucapnya. (Dins)

Comment