by

Ratusan ASN Pemkab Cirebon Pensiun Tahun Ini

KABUPATEN CIREBON, SC– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon belum menentukan waktu untuk pengisian jabatan tinggi pratama yang sudah kosong atau akan segera kosong. Padahal, tahun 2021 ini sejumlah pejabat esselon II di lingkungan Pemkab Cirebon bakal memasuki masa pensiun.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cirebon, H Iis Krisnandar, menjelaskan, beberapa pejabat eselon II yang sudah pensiun pada tahun ini di antaranya Kepala Dinas Pertanian, H Ali Effendi, dan Kepala Inspektorat, Supadi Priyatna.

Sedangkan yang akan segera memasuki masa pensiun diantaranya Kepala Dinas Permukiman Kawasan Perumahan dan Pertanahan (DPKPP), H Sukma Nugraha, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), H Hari Safari, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Ade Setiadi, dan Staf Ahli Bupati dr Triyana.

“Kita belum tahu pelaksanaan pengisian jabatannya dilakukan kapan, tapi open biddingnya pasti dilakukan tahun ini. Ya cukup banyak yang pensiun,” kata Iis.

Selain para pejabat esselon dua yang pensiun, kata Iis, di tahun 2021 ini ada sekitar 700-an Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang juga bakal memasuki masa pansiun. Ia juga mengakui, PNS yang akan pensiun jumlahnya cukup banyak. Namun, Iis mengaku masih belum tahu jumlah formasi yang akan didapat dari Pemerintah Pusat pada pembukaan CPNS nanti.

“Untuk formasi CPNS kita masih belum tahu dapat berapa, itu nanti dari (Pemerintah Pusat, red) sana dikasih berapa formasinya,” katanya.

Dijelaskan Iis, jika sesuai rencana, maka pembukaan formasi untuk CPNS akan dilakukan pada bulan Maret 2021 mendatang. Pemkab Cirebon sendiri memang masih kekurangan sekitar 10.000 PNS lagi. Saat ini, Pemkab Cirebon masih menunggu informasi lebih lanjut dari Pemerintah Pusat tentang pembukaan CPNS tersebut.

“Kita masih menunggu informasi lebih lanjutnya, tapi kalau sesuai rencana pembukaan CPNS mungkin bulan maret,” paparmya.

BACA JUGA: Mutasi Dilaksanakan Pasca-Pelantikan Jabatan Fungsional

Sementara, Bupati Cirebon Drs H Imron MAg menyebut jumlah PNS di Kabupaten Cirebon masih belum ideal. Bahkan, ia juga menemukan jumlah PNS di sekolah-sekolah negeri yang hanya diisi oleh 1 atau 2 PNS saja.

“Jumlah PNS kita masih belum ideal, masih kurang banyak. Saya lihat di sekolah-sekolah PNS-nya cuma satu atau dua dalam satu sekolah,” paparnya. (Islah)

Comment