by

Puting Beliung Terjang Permukiman

KOTA CIREBON, SC- Angin puting beliung menerjang kawasan padat penduduk di RT 09 RW 06 Cangkol Selatan, Kelurahan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Rabu (3/3/2021) sekitar pukul 16.15 WIB. Akibatnya, sedikitnya tujuh rumah warga rusak dengan kategori ringan hingga sedang. 

Detik-detik terjadinya angin puting beliung, sempat diabadikan seorang warga yang diunggah di media sosial dan langsung viral. Dalam video yang diunggah warga dari dekat simpang Jalan Moh Toha dan Jalan Samadikun, Kota Cirebon tersebut, tampak terbentuk pusaran angin yang terjadi perlahan-lahan dengan ekor yang makin mendekati bumi.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Imron Ermawan melalui Kasubag Humas Polres Cirebon Kota, IPTU Ngatidja mengatakan, pihaknya mendapat laporan warga setempat kronologis terjangan puting beliung ke permukiman warga Cangkol tersebut.

Menurut Ngatidja berdasarkan keterangan saksi Didi Sumarna (40), peristiwa terjadi pada pukul 16.15 WIB. Ketika itu, saksi melihat gumpalan awan tebal berada di tengah laut daerah Cangkol Selatan, Kelurahan Lemahwungkuk.

Kemudian gumpalan awan tersebut membentuk putaran angin puting beliung berwarna hitam pekat yang bergerak ke arah daratan Pantai Cangkol Selatan.

“Tidak lama kemudian gumpalan angin puting beliung tersebut menuju ke rumah-rumah penduduk di sekitar pantai tepatnya di RW 06 dan RW 07 Cangkol Selatan, sehingga mengakibatkan kerusakan atap  rumah warga yang diterjang angin puting beliung,” kata Ngatidja, Rabu (3/3/2021) petang.

BACA JUGA: Diduga Serangan Jantung, As’ari Ditemukan Tergeletak di Saluran

Berdasarkan data yang diterimanya, lanjut Ngatidja, terjangan angin puting beliung menyebabkan sejumlah rumah rusak, di antaranya di RW 06 Kampung Cangkol Selatan, milik Sarna, Wandi, Kurnia, Lili, Sani. Kemudian di RW 07 Kampung Kesunean Utara, rumah  Didi Suhadi dan Ade Sufendi.

“Kejadian tersebut sudah ditangani oleh BPBD Kota Cirebon serta dinas terkait, guna mengecek dan membantu warga yang rumahnya diterjang angin puting beliung,” ujarnya.

Selain pihak BPDB Kota Cirebon, lanjut Ngatidja, Muspika Lemahwungkuk langsung mendatangi lokasi untuk memberikan bantuan sembako serta kebutuhan yang diperlukan warga korban puting beliung. (Kirno)

Comment