by

Sempat tak Masuk Data, 832 KPM Kembali Peroleh BST

KABUPATEN CIREBON, SC- Masyarakat Desa Kertawinangun, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, menyambut baik adanya data susulan bagi masyarakat penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos). Hal tersebut tampak terlihat saat penyaluran yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia, di desa setempat, Sabtu (1/5/2021).

Seperti diutarakan salah seorang penerima manfaat, Edi, yang kembali mendapatkan bantuan setelah namanya sempat hilang dari daftar penerima.

“Saya BTS Kemensos di tahun 2021 ini baru mendapatkan di tahap tiga dan empat, sebesar Rp600 ribu, sementara di tahap sebelumnya tidak terdata sebagai penerima bansos,” kata Edi kepada Suara Cirebon.

Senada diutarakan, Apid salah satu penerima manfaat BST Kemensos, yang namanya sempat hilang dari penerima manfaat untuk tahun 2021 di awal pencairan bulan Januari dan Februari lalu.

“Saya merasa bersyukur akan hal tersebut, terlebih menjelang Hari Raya Idul Fitri, tentunya ini sangat membantu meringankan beban ekonomi keluarga,” paparnya.

Terpisah, Kuwu Kertawinangun, Dedi mengatakan, penyaluran BST Kemensos kali ini merupakan data susulan yang diterima warganya dan diberikan kepada 832 keluarga penerima manfaat (KPM) dengan nilai Rp600 ribu per KPM. Sementara pada penyaluran sebelumnya diberikan kepada 678 KPM.

“Ini artinya upaya Pemerintahan Desa (Pemdes) Kertawinangun dalam mewujudkan pemerataan bantuan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 membuahkan hasil meskipun itu belum maksimal,” kata Dedi.

BACA JUGA: Pemdes Citemu Gelar Musdesus

Pihaknya sejauh ini sudah berupaya semaksimal mungkin, namun validasi data penerima manfaat sepenuhnya bukan kewenangan pihak desa.

“Kami berharap agar masyarakat dapat menjaga kondusivitas di lingkungan masing-masing dan semoga apa yang sudah diterima ini dapat bermanfaat dan mengurangi beban ekonomi keluarga di tengah pandemi Covid-19,” pungkasnya. (Baim)

Comment