by

PKB Kab Cirebon Target Rebut Kekuasaan Ekskutif

KABUPATEN CIREBON, SC- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Cirebon optimis dibentuknya susunan struktural kepengurusan baru akan mampu mempertahankan kemenangan Pileg tahun kemarin. Bahkan dengan srtuktural barunya, DPC PKB Kabupaten Cirebon menargetkan 14 kursi legislatif dan merebut kekuasaan kepala daerah yang hingga saat ini masih diduduki PDIP, pada perhelatan Pileg dan Pilkada tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut dikemukakan Ketua DPC PKB Kabupaten Cirebon R Hasan Basori, usai menggelar Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) yang mengusung tema “Penguatan Menejemen Internal Partai” di salah satu hotel yang berada di Kota Cirebon, Sabtu (12/6/2021).

Hasan menjelaskan pertimbangan sususan struktural baru tersebut adalah yang pertama pelibatan kader senior produktif. Kedua, unsur keterwilayahan agar semua lini dapat terisi kader-kader PKB. Yang ketiga, ada unsur keterwakilan dari pesantren dan Nahdlatul Ulama yang menjadi poin penting.

Menurutnya, untuk meraih kemenangan, semua struktural PKB dari tingkatan DPC hingga ke kepengurusan ranting hendaknya saling komunikasi dan saling bekerja sama membesarkan partai. 

“Kader-kader PKB Kabupaten Cirebon sangat hebat-hebat, saya optimis PKB akan menang di daerah dan nasional,” tegas Hasan.

Anggota DPRD Kabupaten Cirebon itu mengatakan, dalam menyosong perubahan dan tantangan di abad milenial PKB Kabupaten Cirebon harus akomodatif terhadap perubahan zaman.

“Bukan hanya itu, sebagai kader partai, harus memberikan nilai positif kepada seluruh elemen masyarakat. PKB selalu hadir saat masyarakat membutuhkan,” katanya.

Sesuai dengan Tagline “peduli umat melayani rakyat”, menurut Hasan, hal itu membutuhkan komitmen dan menejemen yang baik. Hal yang perlu dilakukan kedua menurut dia, yakni penguatan kapasitas kader.

Hal itu, kata dia, salah satu bentuk konsuekwensi dari penguatan kapasitas kader adalah bagaimana kader-kader internal inti untuk respon DPC terhadap rencana strategis atau rencana kerja yang sudah dibuat oleh DPP maupun DPW.

Yang ketiga, pihaknya juga mencari bentuk-bentuk pola-pola penegakan politik yang sesuai dengan kultural di Kabupaten Cirebon, untuk mempertahankan kemenangan PKB di 2024.

“Dan tentunya merebut kekuasaan 2024, kekuasaan yang di maksud adalah eksekutif. Kita punya PR besar, yaitu mempertahankan kemenangan di pemilu dan mengambil momentum untuk mengambil kekuasaan di 2024,” terangnya.

BACA JUGA: PDIP Kabupaten Cirebon Targetkan 14 Kursi Legislatif

Selain itu, tambah Hasan, DPC PKB Kabupaten Cirebon berkomitmen memenangkan Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Ami) di Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

“Komitmen PKB Kabupaten Cirebon, sedini mungkin mempersiapkan diri, untuk memenangkan di semua lini, termasuk merebuat eksekutif dan hajat utama kita memenang Gus Ami di pilpres mendatang,” pungkasnya. (Joni)

Comment