by

Bawaslu Kabupaten Cirebon Luncurkan Program DiLan-GriDiLan

KABUPATEN CIREBON, SC- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cirebon menyiapkan sejumlah program unggulan demi suksesnya pelaksanaan sejumlah agenda demokrasi mulai pemilu legislatif, pemilihan kepala daerah (pilkada) hingga pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) 2024.

Informasi yang dihimpun Suara Cirebon menyebut, tahapan pemilu legislatif (pileg) akan dimulai pada Maret 2022 mendatang sedangkan tahapan pilkada dimulai pada November 2023.   

Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Abdul Khoir mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah program unggulan dalam rangka mengisi cakrawala demokrasi dan mendorong edukasi publik terkait isu kepemiluan.

“Bawaslu Kabupaten Cirebon menyiapkan program unggulan yang terbagi menjadi program mingguan maupun bulanan. Ini adalah salah satu cara bagi penyelenggara pemilu dalam mewujudkan pemilu yang lebih berkualitas dan berintegritas,” ujar Khoir — sapaan akrab Abdul Khoir, Selasa (15/6/2021).

Menurutnya, program unggulan yang sudah dijalankan yakni DiLan Quotes dan Weru Bli. DiLan Quotes, lanjut Khoir, merupakan kalimat yang berisi tentang kepemiluan dan demokrasi yang dipublikasi setiap hari Senin. Sedangkan Weru Beli, adalah informasi seputar kepemiluan yang dipublikasi setiap hari Jumat setiap minggunya.

“Selain itu ada program bulanan DiLan (Diskusi Kepemiluan) talk show dan DiLan Vitamin (video parodi tahapan pemilu). Untuk DiLan talk show sejak tahun kemarin program itu dilaksanakan setiap sebulan sekali. Sedangkan DiLan Vitamin adalah video parodi kisah nyata yang dialami pengawas pemilu dalam menjalankan tugasnya,” paparnya.

Ia menjelaskan, seluruh program itu akan dipublikasi di semua media sosial Bawaslu dan menjadi bukti nyata Bawaslu dalam menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017.

BACA JUGA: PKB Target 5 Kursi DPRD Siap Berjuang Menangkan Gus Ami pada Pilpres 2024

Lebih lanjut Khoir mengatakan, selain program tersebut ada juga program Griya Demokrasi Kepemiluan (GriDiLan), yakni, diskusi program demokrasi yang wajib diikuti oleh seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten Cirebon. Program ini, kata dia, digelar setiap dua minggu sekali selama satu bulan.

“GriDiLan ini salah satu program penguatan dan peningkatan SDM internet Bawaslu. Alasannya, GriDiLan adalah sebuah wadah yang didesain sebagai pusat riset, pendidikan dan pelatihan terkait demokrasi kepemiluan,” katanya.

Ia menambahkan, Bawaslu Kabupaten Cirebon akan terus berkomitmen untuk dapat melaksanakan program-program yang sudah direncanakan, meskipun akan ada program lain dari provinsi dan RI yang harus dilaksanakan. (Joni)

Comment