by

50 Lansia Desa Tanjungsari Divaksin

INDRAMAYU, SC- Desa Tanjungsari, Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu bersama Puskesmas Kaplongan Lor melaksanakan vaksinasi tahap pertama, Selasa (22/6/2021.) Kegiatan yang berlangsung di aula desa setempat ini menyasar kalangan para lanjut usia (lansia).

Kuwu Tanjungsari, Sopiyan didampingi sekretaris desa setempat, Nina Fa’miah mengatakan, ada sebanyak 50 lansia di desa ini yang mendapatkan suntikan vaksinasi tahap pertama. Sopiyan menjelaskan, vaksinasi ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu Selasa-Rabu (22-23/6/2021).

“Kegiatan vaksinasi pada lansia merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan capaian pada bidang kesehatan, khususnya program vaksinasi pada usia lanjut,” katanya.

Bahkan, imbuh Sopiyan, vaksinasi ini juga untuk meningkatkan imun dalam tubuh para lansia. Dengan begitu, diharapkan dapat memutus dan menekan penyebaran serta penularan Covid-19.

“Di sisi lain untuk membangun kesadaran masyarakat, khususnya para lansia untuk mengikuti vaksinasi,” imbuhnya.

Menurut dia, beberhasilan vaksinasi Covid-19 bagi lansia di Desa Tanjungsari ini tidak terlepas dari peran serta berbagai pihak, baik itu dari pemerintah desa, BPD, lembaga desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, RW dan RT serta keluarga yang mendampingi lansia.

“Sebelum pelaksanaan vaksinasi khususnya untuk para lansia, kami pihak desa terus menyosialisasikan dan mendata,” ujarnya.

BACA JUGA: Satgas Kebonturi Imbau Prokes

Untuk menjaga kondisi tubuh, Sopiyan berpesan, agar masyarakat, khususnya di lingkungan wilayah Desa Tanjungsari termasuk para lansia untuk tetap menerapkan kedisiplinan protokol kesehatan serta pola hidup sehat.

“Saya sebagai Kuwu Tanjungsari mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Kaplongan Lor yang telah melaksanakan kegiatan vaksinasi di desa kami dan para lansia yang hadir untuk vaksin. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar,” tuturnya.

Dia berharap, niat pemerintah pusat termasuk pemerintah Kabupaten Indramayu untuk memberikan perlindungan kepada warga, khususnya kepada warga usia lanjut dari Covid-19 dapat terwujud dengan baik. (Vicky)

Comment