by

Ajak Warga Aktif Berantas Narkoba

KOTA CIREBON, SC- Bahaya penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang (narkoba) mengancam semua kalangan. Masyarakat diminta keikutsertaannya dalam upaya pencegahan peredaran narkoba dengan menjadi informan. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2021, yang digelar di ruang Adipura Kencana, Balaikota Cirebon, Senin (28/6/2021).

“Upaya penanggulangan narkoba terdiri dari upaya pencegahan dan pemberantasan,” kata Azis.

Untuk upaya pencegahan bisa dilakukan dengan cara sosialisasi yakni memberikan pemahaman terhadap warga yang memiliki keinginan untuk hidup sehat tanpa narkoba.

“Disini juga dibutuhkan peran serta dari dinas terkait. Sehingga dapat memproteksi warga dari bahaya narkoba,” ungkap Azis.

Upaya lain yang dilakukan yaitu pemberantasan. Titik berat pemberantasan ini penting, menurut Azis sangat penting.

Pemberantasan narkoba dilakukan untuk mempersempit ruang gerak pelaku dan pengguna narkoba. Azis mencontohkan Densus 88 yang mampu memerangi terorisme dan mencari pelaku teror di manapun berada. Ini bisa terjadi karena adanya kebersamaan dengan masyarakat.

Azis juga meminta kepada camat dan lurah di wilayahnya untuk mampu menggugah kesadaran warganya. Sehingga mereka mau menjadi informan untuk setiap terjadinya transaksi narkoba di lingkungan mereka.

“Selama ini saya melihat masyarakat ada yang acuh sekalipun mereka mengetahui terjadi transaksi narkoba di dekatnya,” ungkap Azis.

Dengan menggerakkan seluruh masyarakat, Azis yakin akan tercipta lingkungan di setiap RT dan RW di Kota Cirebon yang bersih dari narkoba. Masyarakat yang bersatu diyakini Azis justru akan membuat pengedar-pengedar narkoba tersebut takut.

Sementara itu Kepala BNN Kota Cirebon, AKBP Budi Baktiar, menjelaskan hari ini (kemarin, red) merupakan peringatan Hari Anti Narkotika Internasional.

“Jadi bukan hari ulang tahun BNN, namun peringatan terhadap kesepakatan dunia yang menolak penyalahgunaan narkoba,” tegas Budi.

BACA JUGA: BNN Kota Cirebon Amankan Dua IRT Pengedar Obat Terlarang

BNN Kota Cirebon, lanjut Budi, juga telah memiliki sejumlah program untuk penanggulangan dan pencegahan narkoba, yaitu berupa program deteksi, rehabilitasi dan mencegah.

“Kami juga mencanangkan program kelurahan bersinar atau bersih narkoba di Kota Cirebon. Ada dua kelurahan yang sudah ditetapkan sebagai kelurahan bersinar yaitu Kelurahan Pekiringan dan Kelurahan Jagasatru,” tandasnya. (Surya)

Comment