by

Vaksinasi Drive Thru Disambut Antusias

KOTA CIREBON, SC- Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon bersama Suzuki Cinta Damai Putra Bahagia mengadakan vaksinasi Covid-19 drive thru gratis untuk umum pertama di Kota Cirebon, Kamis (15/7/2021).

Vaksinasi yang diberikan kepada pengemudi dan penumpang tanpa perlu turun dari kendaraan tersebut, digelar halaman parkir Cirebon Mall, Jalan Bahagia, Kota Cirebon. Sasaran vaksinasi diperuntukkan bagi warga usia 12 tahun atas yang telah mendaftar secara daring.

Danlanal Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya nyata pihaknya dalam mendukung program pemerintah melaksanakan percepatan vaksinasi massal agar tercipta herd immunity.

“Sesuai arahan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), setiap pangkalan agar melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat. Kami melakukan vaksinasi gratis ini dengan cara drive thru, jadi orang yang mau divaksinasi tidak perlu turun dari mobil, petugasnya yang menghampiri melakukan vaksinasi,” kata Afif.

Sementara itu, Operasional Manager Suzuki Cinta Damai, Ahmad Erwinsyah mengatakan, vaksinasi dengan menggunakan metode drive thru tersebut, merupakan yang pertama diadakan di Kota Cirebon.

“Hari ini kami mengadakan vaksinasi gratis dengan menggunakan metode drive thru. Ini metode pertama kalinya di Kota Cirebon,” kata Erwinsyah.

Menurutnya, pengadaan vaksinasi dengan metode drive thru bertujuan untuk mengurangi kerumunan masa. Pihaknya pun hanya menyiapkan 200 dosis vaksin.

“Sudah kami siapkan 200 vaksin. Kami hanya mengadakan untuk hari ini saja. Tadinya hanya untuk beberapa komunitas, tapi masyarakat umum juga sangat antusias mengikuti,” katanya.

Erwinsyah bahkan mengungkapkan, jumlah pendaftar vaksinasi drive thru sangat melebihi kapasitas. Pasalnya, vaksin yang disediakan sangat terbatas.

“Pendaftaraan sangat melebih kapasitas. Vaksinasi drive true ini kami kerja sama dengan Lanal Kota Cirebon. Jadi kita hanya mendapatkan 200 vaksin,” kata Erwinsyah.

Masih dikatakan Erwin, 200 dosis vaksin yang digunakan masih menggunakan vaksin Sinovac. Erwin berharap berharap, Pemerintah setempat dapat berkerja sama dengan pihak lain untuk melaksanakan vaksinasi gratis.

“Seusai dengan target pemerintah sehari satu juta vaksin. Tentunya kami sangat mendukung. Dan harapan kami pandemi ini cepat berlalu,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Edy Sugiarto mengatakan, cakupan vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon sudah mencapai hampir 40 persen. Menurut Edy, saat ini ketersediaan vaksin di Kota Cirebon mencapai 35 ribu dosis. Dari jumlah tersebut, sebanyak 17 ribu dosis di antaranya berasal dari jalur TNI dan Polri. Sedangkan sisanya sebanyak 18 ribu dosis dimiliki Dinkes setempat.

BACA JUGA: Pasien Sembuh Covid-19 di Kota Cirebon Meningkat

Menurut Edy, vaksin itu telah disebarkan ke setiap puskesmas. Jika seluruh vaksin itu telah habis digunakan, maka cakupan vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon telah tercapai hampir 40 persen. Pemkot Cirebon pun terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi hingga tercapai target 70 persen dari jumlah warganya.

“Jadi nanti kita tinggal kejar 30 persen lagi,” kata Edy.

Edy mengatakan, jika vaksinasi Covid-19 sudah mencapai 70 persen dari jumlah penduduk, maka bisa terwujud herd immunity. Pada pekan depan, vaksin dari TNI dan Polri akan kembali masuk sebanyak 25 ribu. Hal tersebut akan menambah pasokan vaksin bagi warga Kota Cirebon. (Surya)

Comment