by

Anggota DPRD Provinsi Sentil Gubernur Jabar

Pemerataan Pelayanan Kesehatan Jangan hanya Gaya-gayaan

ANGGOTA Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Barat, Bambang Mujiarto menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat dengan cara langsung turun ke rumah-rumah warga di Desa Winong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Rabu (4/8/2021).

Pada kesempatan tersebut, Bambang memberikan bantuan kursi roda kepada seorang warga yang menderita sakit lumpuh sejak SD hingga sekarang.

Menurut Bambang terjun langsung ke masyarakat tersebut, merupakan bagian dari kegiatan dalam rangka menyerap aspirasi di masa reses.

“Dengan terjun langsung saya bisa mendengar apa yang dikeluhkan masyarakat. Saat ini keluhan dari masyarakat terkait semua bidang terutama instakstruktur, ekonomi, pendidikan dan juga kesehatan. Hanya saja dalam masa pandemi saat ini yang beredar selalu antara kepentingan kesehatan dengan ekonomi,” kata Bambang kepada awak media, usai reses di Balai Desa Winong.

Bambang juga menyebut, masyarakat membutuhkan informasi yang valid. Hal itu agar tercipta optimism di masyarakat dalam menghadapi pandemi seperti saat ini.

“Tidak bisa kesehatan dibenturkan dengan ekonomi atau ekonomi dengan kesehatan, karena itu kesatuan. Penangan Covid-19 tentu akan bicara penangan kesehatan walapun memang ekonomi agak susah sedikit tersendat, karena inilah yang menjadi salah satu langkah untuk penanganan pendemi ini,” ungkapnya.

Menurut Bambang, jika masyarakat sehat tentu untuk beraktivitas akan lebih tenang.

“Meski ekonomi baik tapi masyarakat tidak sehat itupun jadi persoalan tersendiri kan,” tegasnya.

Saat terjun langsung ke masyarakat, Bambang mengaku menemukan adanya warga kurang beruntung. Warga tersebut sejak kelas 3 SD diserang penyakit lumpuh. Penyakit warga itu tak kunjung sembuh hingga sekarang.

“Walaupun dari Pemerintah Kabupaten Cirebon informasinya sudah ada bantuan pada tahun 2019 lalu, tapi dari Pemprov Jawa Barat masih belum terakses informasinya. Maka kita coba untuk menginformasikan ke Pemprov Jawa Barat melalui Dinkes provinsi agar juga turun membantu,” katanya.

Menurut Bambang sudah menjadi keharusan bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk memperhatikan persoalan setiap warganya, termasuk masyarakat Kabupaten Cirebon.

“Karena Kabupaten Cirebon masih  bagian dari Jawa Barat bukan lepas. Kalau memang sudah tidak diperhatikan ya sudah kalau memang lepas ya sudah Cirebon dan sekitarnya bikin provinsi sendiri. Masa seperti ini tidak diperhatikan,” ujarnya.

Dikatakan Bambang, pemerataan pelayanan kesehatan di Provinsi Jawa Barat, jangan hanya dijadikan sebatas gaya-gayaan.

“Terutama Gubenur dengan pendekatan sosialisasi dan sebagainya, penanganan yang baik, nyatanya yang masuk ke data Jawa Barat berapa data yang ditangani?” tanya Bambang.

BACA JUGA: Perempuan Bangsa dan PKB Bantu Warga Isoman

Pihaknya berharap, kesehatan masyarakat Jawa Barat betul-betul terjamin termasuk pos anggaran kesehatan sesuai dengan amanat undang-undang.

“Sesuai dengan amanat undang-undang harus dijalan, kan syukur-syukur lebih sehingga pelayanan akan lebih baik,” tandasnya. (Kirno)

Comment