by

Wilayah Losari akan Jadi Pusat Industri Nasional

KABUPATEN CIREBON, SC- Wilayah Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah memiliki potensi yang cukup besar, terutama sumber daya alam berupa laut. Namun, kawasan yang memiliki potensi luar biasa itu, tanpa didukung oleh masyarakatnya tak mungkin bisa mendongkrak perekonomian di daerah tersebut.

“Untuk mendongkrak mendongkrak perekonomian masyarakat Losari harus dibuka mind set pemikiran yang ortodok ke  mind set modern dengan membangun kawasan industri terpusat,” kata salah seorang pengamat kebijakan publik, H Dadang, Selasa (10/8/2021).

Menurut Dadang, untuk kawasan industri yang terpusat di Kecamatan Losari akan mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan bisa menyerap banyak tenaga kerja , apabila ada pembangunan  di  kawasan industri  terpusat. 

Dadang  menyebut  sejumlah sector lain juga sangat mendukung daerah Losari. Antara lain sektor perdagangan, rata – rata masyarakat wilayah Kecamatan Losari berdagang baik di masing – masing desa maupun di pasar modern yang sedang dikerjakan oleh PT Dwi Karya Prima Jaya. Perputaran uang di sektor pasar sangat tinggi.

Sektor pariwisata, lanjut dia, ada hutan mangrove yang merupakan desa wisata dalam mendongkrak PAD desa maupun PAD Kabupaten Cirebon. Ada pula sentra kuliner berupa makanan ciri khas Losari, seperti krupuk disel, rengginang, ikan bandeng presto, terasi, kerupuk udang dan lainnya.

“Sementara pada sector seni budaya, Kecamatan Losari memiliki seni tari topeng khas Losari yang beda dengan topeng lainnya di Desa Astanalanggar, seni burok, musik tradisional yang sudah dikenal di tingkat nasional sampai internasional,” terang Dadang.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat  Kabupaten Cirebon, H Agus Maksum menambahkan, adanya pembangunan pabrik di kawasan industri akan bisa mengurangi angka pengangguran di masing-masing desa.

BACA JUGA: Warga Pabedilan Kaler Terima Bantuan Beras

“Pembangunan kawasan industri di Kecamatan Losari bisa maju bareng dengan berbagai macam sektor, baik sisi perdagangan, pertanian, kelautan, sisi budaya serta kuliner bisa maju bersama-sama,” katanya.

Senada dengan Dadang, Agus maksum juga menyebut perlunya pengubahan mind set masyarakatnya. Adanya pembangunan pabrik di kawasan industry Losari jelas akan mampu meningkatkan sector ekonomi.

“Dengan membangun pabrik di wilayah Kecamatan Losari bisa menyerap tenaga kerja sampai angka ratusan ribu. Dipastikan angka pengangguran di wilayah timur Kabupaten Cirebon akan terserap dan bisa bekerja semua,” pungkas Agus Maksum. (Dedi)

Comment