by

Warga Disabilitas Minta Diperhatikan

KABUPATEN CIREBON, SC- Warga disabilitas di wilayah Kabupaten Cirebon membutuhkan perhatian baik dari pemerintah maupun pihak swasta, termasuk kaum difabel yang berada di Desa Pabedilan Kaler, Kecamatan Pabedilan.

Menurut Kuwu Pabedilan Kaler, Casban, ada tiga warga Desa Pabedilan Kaler yang mengalami disabilitas yaitu Yanto (20), Evan Burhanudin (25) dan Eni (18). Mereka perlu memiliki keterampilan untuk masa depannya dalam melanjutkan kehidupan, minimal masyarakat disabilitas tersebut bisa melanjutkan sekolah khusus.

“Di Kecamatan Pabedilan masyarakat disabilitas sangat membutuhkan sekolah khusus, sehingga kaum disabilitas tersebut bisa mempunyai keahlian dalam melanjutkan kehidupan secara mandiri,” ungkap Kuwu Casban, kemarin.

Pihaknya meminta warga disabilitas tersebut ada sentuhan dari pemerintah pusat, Pemprov Jabar maupun Pemda Kabupaten Cirebon, bahkan, pihak swasta agar bisa ada perhatian khusus, sehingga masa depan para disabilitas tersebut bisa sejajar dalam melanjutkan kehidupan secara bersama-sama dengan masyarakat normal.

“Warga disabilitas perlu ada persamaan kesetaraan dengan warga yang normal, sehingga warga disabilitas tersebut memiliki hak hidup yang sama dengan warga yang normal,” tuturnya.

Abtar, salah satu orang tua anak disabilitas mengatakan ingin ada perhatian dari pemerintah maupun swasta agar anaknya memiliki masa depan yang cerah. “Ya minimal anak kami mempunyai keterampilan,” tuturnya.

BACA JUGA: Capaian Target PBB-P2 Menurun

Sementara itu, Ketua GMBI Kecamatan Pabedilan, Wantoha mengharapakan warga disabilitas di Desa Pabedilan Kaler memiliki pendidikan, khususnya sekolah dan memeliki keahlian khusus.

“Kewajiban pemerintah dan swasta agar ada bentuk keseriusan bagi warga disabilitas Desa Pabedilan Kaler, sehingga mereka bisa mandiri dalam melanjutkan kehidupan,” pungkasnya. (Dedi)

Comment