by

Warga Cikulak Antusias Ikut Vaksinasi Covid-19

KABUPATEN CIREBON, SC- Partisipasi masyarakat Desa Cikulak, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, untuk mendapatkan vaksin Covid-19 sangat tinggi. Hal itu terlihat saat vaksinasi yang dilakukan pihak Puskesmas Cibogo di Desa Cikulak, Rabu (18/8/2021).

Kepala Puskesmas (Kapus) Cibogo, H Kasmira melalui salah satu tim vaksinasi Eyus Syifa Nabila menyampaikan, kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Desa Cikulak tersebut, merupakan dosis kedua. Namun, pada pelaksanaannya, masyarakat yang datang lebih banyak dari saat pemberian dosis pertama.

“Antusias masyarakat Cikulak untuk mendapatkan vaksinasi tentunya ini sangat baik. Banyak yang datang padahal belum mendapat suntikan dosis pertama. Tetapi mereka tetap kita layani,” katanya.

Antusiasme masyarakat yang ingin divaksin, menurut Eyus, menunjukkan kerja satgas Covid-19 tingkat desa maupun tim kesehatan serta berbagai pihak dalam mensosialisasikan pentingnya mendapatkan vaksin membuahkan hasil.

Menurutnya, dari data yang terdaftar sebanyak 310 orang yang ingin mendapatkan vaskinasi. Dari jumlah tersebut, yang mendapatkan vaskinasi sebanyak 307 orang sementara tiga orang tidak mendapatkan vaksinasi atau ditunda.

“Kalau untuk dosis pertama sebanyak 130 orang, adapun vaksinasi untuk lansia sebanyak  tujuh orang,sementara untuk umum 123 orang, sedangkan untuk dosis kedua diberikan kepada 177 orang terdiri dari empat orang lansia dan 173 orang untuk masyarakat umum,” ujar Eyus kepada Suara Cirebon.

Dirinya berharap di pelaksanaan vaskinasi lanjutan nanti, masyarakat Cikulak  tetap antusias, mengingat vaksin sangat penting untuk imun tubuh, agar dapat melawan paparan Covid-19.

“Ayo jangan takut untuk mendapatkan vaksinasi, vaksin ini aman, selain itu ini sebagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

BACA JUGA: Puskesmas Kalimaro Maksimalkan Vaksinasi

Sementara Kuwu Cikulak, Yusnaedi mengatakan, vaksinasi yang dilaksanakan tim kesehatan Puskesmas Cibogo, pada awalnya diprioritaskan untuk dosis kedua. Namun, karena antusias masyarakat Cikulak untuk mendapatkan vaksin sangat tinggi dan kebanyakan dari mereka belum mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

“Semoga di kegiatan vaksinasi lanjutan antusias masyarakat semakin tinggi. Kami berharap semua warga mendapat vaksin agar pandemi ini segera berakhir,” pungkasnya. (Baim)

Comment