by

Suranenggala Gelar MTQ Tingkat Kecamatan

KABUPATEN CIREBON, SC- Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan Tahun 2021, Minggu (22/8/2021).

Camat Suranenggala, Masrukhin mengatakan, gelaran kegiatan MTQ itu bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Alqur’an.

“Semoga dengan mencitai bacaan Alqur’an kita dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang,” kata Masrukhin didampingi sekmat H Rodiya, saat ditemui di Kantor Kecamatan Suranenggala, di sela kegiatan MTQ.

Menurutnya, Alqur’an sebagai petunjuk dalam kehidupan, harus dihadirkan dalam keseharian. Pihaknya juga berharap, MTQ mampu meningkatkan pengetahuan masyarakatnya terhadap Alqur’an.

“Ini sekaligus sebagai proses penjaringan dan penyaringan untuk menyiapkan regenerasi yang mewakili Kecamatan Suranenggala pada seleksi MTQ tingkat selanjutnya,” ujarnya.

Dengan adanya MTQ, lanjut Masrukhin, akan tumbuh bibit-bibit unggul dari Kecamatan Suranenggala yang selama ini mungkin belum tergali.

“Kita berharap dari Suranenggala ini ada yang bisa mewakili di MTQ tingkat Kabupaten Cirebon, Provinsi Jabar bahkan tingkat nasional dan internasional,” tandasnya.

MTQ tingkat Kecamatan Suranenggala itu diikuti oleh 35 peserta yang bertanding di beberapa  cabang, yakni tilawah anak remaja dewasa putra dan putri, tartil anak putra dan putri, tahfidz 5 ; 10 ; 30 juz, Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ) dan kaligrafi dekorasi mushaf.

Pantauan Suara Cirebon, Peserta cukup antusias mengikuti seleksi MTQ dengan menampilkan performance terbaiknya. Pada penutupan MTQ, selain pengumuman pemenang dan penyerahan piala jugga ada uang pembinaan, piagam dan peralatan sholat.

BACA JUGA: Lomba Sepeda Hias Bisa Tumbuhkan Cinta Tanah Air

Juara 1 cabang tilawah dewasa remaja anak putra masing-masing diraih oleh Ramadoni, Dwi Abdi Cahyo, Maftuh Briliansyah. Juara 1 cabang tartil anak putra dan putri diraih oleh Revan Azaki dan Nadiva Qairina. Juara 1 cabang kaligrafi diraih oleh Muzaki Kamal.

Sementara juara 1 cabang Tahfidz 5 juz putri diraih oleh Alifah, 10 Juz putra dan putri diraih oleh  M. Rifki dan Denok Amelia, dan Juara 1 cabang tahfidz 30 juz putra diraih oleh M. Riyadul Zinan. “Saya berharap mudah-mudahan para juara MTQ ini dapat mengharumkan nama Suranenggala dan menjadi anak yang soleh dan Solehah,” pungkasnya. (Vicky)

Comment