by

Vaksin Booster untuk Nakes Dimulai

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintah memandang perlu untuk memberikan vaksinasi dosis ketiga kepada para tenaga kesehatan (nakes). Pasalnya, nakes merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 yang banyak bersinggungan dengan masyarakat. Hal tersebut dikemukakan, Wakil Bupati (Wabup) Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih, usai meninjau pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga untuk nakes di kantor Dinas Kesehatan setempat, Jumat (20/8/2021).

Menurut Ayu, vaksinasi nakes dosis ketiga menggunakan vaksin Moderna. Booster vaksin Moderna untuk para nakes tersebut, menurutnya, merupakan anjuran dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan, mengingat nakes merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

“Tadi kita lakukan monitoring vaksinasi nakes dosis ketiga. Sebagai garda terdepan, perlu ada vaksinasi (dosis,red) ketiga untuk nakes, yaitu moderna,” ujar Ayu.

Ia menjelaskan, vaksin Moderna buatan Amerika ini memiliki kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) lebih kuat dari vaksin Sinovac setelah disuntikkan ke tubuh. KIPI yang timbul di antaranya demam, pegal-pegal dan sakit pada bagian tubuh lainnya.

Meski demikian, menurut Ayu, pemerintah sudah menyiapkan obatnya agar para nakes tidak terganggu dengan KIPI tersebut.

“Tidak usah takut, pemerintah memberikan vaksinasi ketiga ini justru sebagai bentuk perhatian kita karena tugas nakes banyak melayani masyarakat. Jadi supaya terbentuk herd immunity nakes,” kata Ayu.

Sasaran vaksinasi nakes dosis ketiga yang dilakukan kemarin di kantor Dinkes, sebanyak 200 nakes dari total nakes yang ada. Ayu menambahkan, pelaksanaan vaksinasi nakes dosis ketiga tersebut dilakukan bertahap sesuai dengan jumlah vaksin yang diterima.

“Memang kita menunggu, Dinkes hanya menerima vaksinnya, tapi setelah ada vaksinnya kita langsung berikan. Dan vaksinasi ini sebenarnya sudah mulai dari Kamis (19/8/2021) kemarin,” paparnya.

BACA JUGA: Berada di Level 2, Kabupaten Cirebon Bersiap PTM

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Hj Enny Suhaeni, mengatakan, stok vaksin Moderna yang sudah diterima Dinas Kesehatan sebanyak 474 vial atau 6.636 dosis. Berdasarkan laporan yang diterimanya per tanggal 19 Agustus 2021, jumlah nakes di Kabupaten Cirebon yang sudah disuntik vaksin Moderna sebanyak 963 orang atau sekitar 13,20 persen dari total nakes sebanyak 7.282 orang.

“Jadi memang masih sedikit karena kita ingin pemberian vaksin ini harus diatur, satu puskesmas itu tidak boleh melakukan vaksinasi satu kali selesai. Dan itu sudah saya sampaikan saat persiapan pemberian vaksinasi melalui zoom meeting, agar setiap puskesmas mengatur jadwal vaksinasinya. Karena KIPI-nya ada demam, pegal, sakit dan lainnya. Tapi itu juga tidak semua mengalami KIPI seperti itu,” paparnya.

Karena itu, bagi nakes yang sudah disuntik vaksin Moderna, pihaknya memberikan waktu untuk istirahat selama dua hari. Secara keseluruhan, capaian vaksinasi di Kabupaten Cirebon sebanyak 371.849 atau 20,86 persen dari sasaran sebanyak 1.782.964. (Islah)

Comment