by

Covid Menuju Endemi, Warga Diminta Patuhi Prokes

KOTA CIREBON, SC- Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Cirebon setiap harinya terus mengalami penurunan yang sangat drastis. Per Kamis (9/9/2021) lalu, jumlah warga terkonfirmasi postif Covid-19 hanya empat orang.

Meskipun demikian, Pemkot Cirebon tetap mewanti-wanti warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi. Hal itu agar kasus Covid-19 di Kota Cirebon tidak kembali mengalami peningkatan.

Ketua Penanganan Covid-19 Kota Cirebon Sutisna mengatakan, menurunnya kasus aktif Covid-19 juga terlihat dengan kapasitas keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di RSD Gunung Jati Cirebon yang mengalami penurunan. Pada sisi lain, lanjut Sutisna, pasien Covid-19 yang dirawat di RSD Gunung Jati setiap harinya beransur membaik.

Bahkan lanjut Sutisna, penanganan kasus konfirmasi positif dilakukan hanya dengan isolasi mandiri di rumah masing-masing pasien yang terkonfirmasi.

“Yang harus diutamakan itu masalah protokol kesehatan dan yang kedua herd immunity. Kalau herd immunity sudah terbentuk, menurut perhitungan Jawa Barat Kota Cirebon bisa selesai vaksinasi di akhir tahun ini,” ujar Sutisna, Kamis (9/9/2021).

Karena jumlah penduduk sedikit, sambung Sutisna, target terbentuknya herd immunity, bisa tercapai pada akhir tahun ini. Saat ini, lanjut Sutisna, capaian vaksinasi di Kota Cirebon sudah mencappai 60 persen lebih.

“Jadi kita optimis ketika vaksin sudah datang lagi target kita akan tercapai herd immunity,” ujarnya.

BACA JUGA: Camat Diminta Intens Temui Masyarakat

Selain itu, Sutisna berharap masyarakat tetap sadar dan mematuhi protokol kesehatan, mengingat pandemi Covid ini belum sepenuhnya mereda.

“Bahwa Covid ini akan menjadi sebuah endemi yang ada di sekitar, artinya,meski berdampingan dengan Covid tapi kita juga tetap terlindungi yakni kuncinya tadi, penerapan prokes dan percepatan vaksinasi,” pungkas Sutisna. (Surya)

Comment